Inovasi StartUp

Bepahkupi Ciptaan Mahasiswa Gayo, Terpilih Menjadi 10 StartUp Terbaik Pilihan Inggris

Bepahkupi adalah perusahaan berbasis teknologi yang fokus terhadap kopi Gayo dan kesejahteraan petani kopi.

Bepahkupi Ciptaan Mahasiswa Gayo, Terpilih Menjadi 10 StartUp Terbaik Pilihan Inggris
Hand-over dokumen pribadi
Maulana Wiga saat mempresentasikan usaha rintisan berbasis digital "Bepahkupi" di Jakarta. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Startup Bepahkupi  dibangun oleh Maulana Wiga, mahasiswa Gayo yang sedang menyelesaikan pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Jakarta, berhasil menjadi 10 startup terbaik,  pilihan Pemerintah Inggris diwakili oleh kedutaan besar inggris pada acara TECH TO IMPACT di Hotel The Westin Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Startup Bepahkupi berhasil menaklukkan ratusan startup teknologI lainnya untuk bisa "pitching" atau bertatap muka langsung dengan investor yang berasal dari dalam dan luar negeri yang di undang oleh Pemerintah Inggris.

Bepahkupi adalah perusahaan berbasis teknologi yang fokus terhadap kopi Gayo dan kesejahteraan petani kopi untuk bisa memotong rantai distribusi dan menjadikan petani sebagai mitra untuk mengedukasi petani dan meningkatkan ekonomi petani di era digital. 

Bepahkupi dipilih oleh pemerintah Inggris karena memiliki pasar yang besar. Wiga menyatakan, kebutuhan kopi dunia yang sangat tinggi, antaranya konsumsi di Eropa 42,6 juta ton per tahun,  disusul  Amerika 25,8 juta ton per tahun,  dan diperkirkan tahun 2021 kkonsumsi kopi nasional 350 ribu ton per tahun.

Mengutip penjelasan pihak penyelenggara, Wiga mengatakan, alasan terkuat Startup Bepahkupi dipilih adalah karena fokus terhadap membangun kesejahteraan petani kopi serta memberikan edukasi dan memiliki tujuan untuk bisa membangun pendidikan rerta membantu mengurangi kesenjangan sosial yang terlalu Jauh.

"Inilah awal dari Startup Bepahkupi untuk bisa mewujudkan semua tujuan dan memberikan dampak sosial untuk petani kopi dan membangun ekonomi Provinsi Aceh melalui kopi Gayo, salah satu Kopi terbaik di dunia," ujar Wiga, yang saat ini tinggal di Asrama Lut Tawar Jakarta.(*)

Hari Ini Ujian SKD CPNS di Nagan Raya Dimulai, Peserta Diminta Hanya Bawa KTP dan Kartu Ujian

Persiraja Incar Eks Bintang CSKA Sofia, Pernah Main Liga Champions

Wali Kota Banda Aceh Antar & Serahkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Kebakaran di Gampong Keuramat

Dua Bocah Diserang Tumor Ganas, Awalnya Cuma Bintik Hitam, Kini Matanya tak Bisa Melihat Lagi

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved