Haba Senator

Bertemu Dubes India, Senator Fachrul Razi Dukung Konektivitas Aceh-Port Blair Andaman Nicobar

Prioritas Pemerintah Aceh dengan India dalam hal ini, adalah menghubungkan bandara di Aceh ke Port Blair di Pulau Andaman dan Nicobar.

Bertemu Dubes India, Senator Fachrul Razi Dukung Konektivitas Aceh-Port Blair Andaman Nicobar
Hand-over dokumen pribadi
Senator Fachrul Razi dan delegasi DPD RI bersama Dubes India untuk Indonesia,di Jakarta. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar pertemuan (Courtesy Call) bersama Duta Besar India untuk Indonesia di Kedutaan India,  di Kuningan,  Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Kamis (13/2/2020). 

Dalam pertemuan dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, Senator  DPD RI asal Aceh Fachrul Razi  mendukung dan akan mengawal Pemerintah India dalam rencana membangun rumah sakit di Kota Sabang. 

Pertemuan tersebut  merajut kerjasama yang sebelumnya telah menjadi prioritas Pemerintah Aceh dengan India dalam hal ini  konektivitas penghubung dari bandara di Aceh ke Port Blair di Pulau Andaman dan Nicobar.

Kerja sama bidang infrastruktur, konektivitas pariwisata, perikanan, dan energi yang akan diusung pada Pertemuan Joint Task Force pengembangan konektivitas Aceh dan Kepulauan Andaman-Nicobar. 

Selain Konektivitas hubungan diplomasi, Fachrul Razi juga mengusulkan bantuan India untuk beasiswa dan kerjasama di beberapa bidang pendidikan. 

Sebagaimana diketahui sesuai letak peta, Aceh memiliki Posisi strategis dalam implementasi kerja sama Indo-Pasifik. 

Fachrul Razi mengatakan bahwa India merupakan negara tetangga maritim yang memiliki perbatasan laut dengan perekonomian terbesar di kawasan masing-masing.

Pada tahun 2018 nilai perdagangan kedua negara telah mencapai lebih dari USD 18 miliar dan kedua negara menetapkan target perdagangan bilateral sebesar USD 50 miliar di tahun 2025.

Pada tahun 2018 nilai investasi India di Indonesia sebesar US$ 82.12 milar dan berpotensi meningkat menjadi U$ 100 milar. 

Kerja sama RI-India untuk wilayah Aceh dan Andaman-Nicobar ini juga merupakan bagian dari upaya mendorong kerja sama konkrit di Indo-Pasifik, khususnya di bidang maritim dan konektivitas. 

Pertemuan Courtesy Call bersama Duta Besar India untuk Indonesia hadir  Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamuddin, Ketua BKSP DPD RI, Gusti Farid Hasan, dan Anggota BKSP DPD RI lainnya.(*)

Besok, HRD Bersama Wakil Menteri PUPR Kunjungan Kerja ke Aceh, Ini Agendanya

Apa Itu Tolak Perbaikan dalam Putusan Kasasi Irwandi, Ini Penjelasan Jubir MA

VIDEO - Gunung Merapi Erupsi Lagi, Semburkan Abu Vulkanik Hingga 2 KM ke Udara

VIDEO - Sabang Enggan Disinggahi Kapal Pesiar. Upaya Pencegahan Menyebarnya Virus Corona

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved