INFO SUBULUSSALAM

Olah Gula Merah dari Kelapa Sawit, Walkot Affan Bintang Apresiasi KTNA Subulussalam

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Subulussalam melalui kelompok tani binaannya mengembangkan pengolahan gula merah dari air Kelapa Sawit.

Olah Gula Merah dari Kelapa Sawit, Walkot Affan Bintang Apresiasi KTNA Subulussalam
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
Wali Kota Subulussalam, H Affan Alfian Bintang SE berkunjung ke lokasi pembuatan gula merah dari kelapa sawit, Rabu (12/2/2020) di Desa Suka Makmur, Kecamatan Simpang Kiri, Subulussalam.   

Laporan Khalidin | Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Subulussalam melalui kelompok tani binaannya mengembangkan pengolahan gula merah dari air Kelapa Sawit.

Wali Kota Subulussalam, H Affan Alfian Bintang, SE  pun langsung berkunjung ke lokasi pembuatan gula merah Kelapa Sawit, Rabu (12/2/2020) di Desa Suka Makmur, Kecamatan Simpang Kiri.

Dalam kunjungan tersebut, Walkot H Affan Bintang mengapresiasi terobosan pembuatan gula merah yang dimotori H Abdul Hamid Padang alias Joka itu.

Pasalnya, selama ini masyarakat hanya tau memanfaatkan buah kelapa sawit dan belum banyak paham jika airnya ternyata bisa disadap dan dijadikan gula merah.”Ini terobosan luar biasa, kita salut kepada Pak Joka yang memotori pembuatan gula merah,” kata Walkot Affan Bintang.

Kantor Rentenir Berkedok Koperasi Simpan Pinjam Telah Ditutup, Sempat Didatangi Warga Blang Paseh

Korkot PKH Subulussalam: Rumah KPM Segera Dilabeli Stiker

Data Rangking Ujian SKD CPNS Dinyatakan Hoaks, Kepala BKPSDM Subulussalam: Tunggu Pengumuman Resmi

Dalam kesempatan itu, Walkot Affan Bintang berkeliling areal Kelompok Tani Telaga Biru yang merupakan binaan KTNA Kota Subulussalam.

Walkot Affan Bintang melihat langsung cara penyadapan air kelapa sawit dan pembuatan di dapurnya. Bahkan, Walkot Affan Bintang mencicipi gula merah Kelapa Sawit yang rasanya tak jauh beda dengan gula aren.

Sementara Ketua KTNA Kota Subulussalam, Abdul Hamid Padang kepada wali kota menyampaikan jika pengolahan gula merah dari Kelapa Sawit ini telah berlangsung tiga bulan lalu.

Mereka belajar dari Kota Siantar di mana daerah tersebut juga mengembangkan pengolahan gula merah dari Kelapa Sawit.

Menurut Joka, sapaan akrab Abdul Hamid, gula merah Kelapa Sawit ini telah didaftarkan sebagai salah satu produk unggulan Kota Subulussalam dalam Pekan Nasional (Penas) Juni mendatang di Padang, Sumatera Utara. (Humas dan Protokol) 

Penulis: Khalidin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved