Berita Langsa

BNNK Langsa Kukuhkan Agen Pemulihan Narkoba

BNN Kota Langsa, Selasa (18/02/2020) mengukuhkan agen pemulihan narkoba Gampong Meurandeh Aceh, Kecamatan Langsa Lama, di Dapu Kupi Langsa

BNNK Langsa Kukuhkan Agen Pemulihan Narkoba
Foto Humas BNNK Langsa
Petugas BNNK Langsa dan 5 agen pemulihan narkoba pada saat pengukuhan dan pembekalan, Selasa (18/02/2020) di Gampong Meurandeh Aceh, Kecamatan Langsa Lama, di Dapu Kupi Langsa 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa, Selasa (18/02/2020) mengukuhkan agen pemulihan narkoba Gampong Meurandeh Aceh, Kecamatan Langsa Lama, di Dapu Kupi Langsa

Kepala BNN Kota Langsa, AKBP Navri Yulenny SH MH, melalui Kasi Rehabilitasi, Ir Zulkifli Ali, mengatakan, setelah pengukuhan ke lima agen pemulihan narkoba Gampong Meurandeh Aceh ini langsung diberikan pembekalan.

Hal ini dalam rangka mempersiapkan kegiatan pascarehabilitasi di Gampong Meurandeh Aceh, tentang informasi oleh fasilitator dan petugas rehabilitasi.

Pangdam IM Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden Jokowi ke Bireuen, Hadiri Kenduri Kebangsaan Sabtu Nanti

Adapun materi yang diberikan terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Narkoba (P4GN), pengetahuan adiksi dan permasalahannya.

Kemudian materi inti meliputi pencegahan kekambuhan, tehnik komunikasi efektif, pemantauan pendampingan, bimbingan lanjut serta pencatat, pelaporan, monitoring, serta evaluasi.

"Selain mengikuti 8 jam materi pembekalan oleh BNN, agen pemulihan narkoba ini juga nantinya diberikan sertifikat," ujarnya.

Zulkifli Ali menambahkan, pascarehabilitasi ini merupakan tahapan terakhir dari rangkai proses rehabilitasi berkelanjutan yang diberikan kepada pecandu atau korban penyalahgunaan narkoba.

VIDEO - Setelah Diancam, Kantor Keuchik di Lhokseumawe tak Berani Difungsikan Lagi

Mereka sebelumnya telah menjalani proses rehabilitasi, rehab jalan dan rawat inap, serta telah kembali ke tempat tinggal domisili bersama keluarga dan lingkungan masyarakat.

BNN juga berharap pembekalan agen pemulihan narkoba ini harus benar-benar nantinya dijalankan, dengan tujuan panduan praktis, edukasi, dan penjelasan aktivitas mereka nantinya di lapangan

Lalu pemahaman pascarehabilitasi dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam melakukan pemantauan, pendampingan, bimbingan lebih lanjut secara bersama-sama.

Selain itu pula, kepada masyarakat diharapkan juga ikut membantu proses pengalihan kepada pecandu penyahgunaan narkoba.

Ini Nama-nama Pekerja PT SPS yang Menjadi Korban Kebakaran Harta Benda

Karena ke depannya akan dilaksanakan oleh masyarakat untuk masyarakat, dan kepada masyarakat itu sendiri.

Dijelaskannya, kegiatan ini dilakukan atas kebijakan baru dari Deputi Bidang Rehabilitasi BNN RI untuk diterapkan di masyarakat, terkait Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) dqlam melakukan pemulihan berbasis masyarakat.

Deputi Bidang Rehabilitasi BNN RI berharap kepada agen pemulihan narkoba dapat bekerja secara optimal, dan dapat pulih dan tidak kembali lagi sebagai penyalahgunaan narkoba. (*)

VIDEO - Letter of Intent Delegasi Aceh-India di Chennai, Tamil Nadu

Penulis: Zubir
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved