Tokoh Islam

Dunia Dilanda Wabah Penyakit, Ini Tokoh Islam yang Menemukan Banyak Cara Pengobatan

Konstribusi besar Ibnu Sina di dunia terutama pada karya terbesarnya yang berjudul al-Qanun fi al-Tibb (The Canon of Medicine).

Dunia Dilanda Wabah Penyakit, Ini Tokoh Islam yang Menemukan Banyak Cara Pengobatan
Kompas.com
Ibnu Sina 

Laporan Syamsul Azman

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dalam satu bulan terakhir dunia dihebohkan dengan kemunculan virus corona.

Sebelumnya dunia juga sempat dihebohkan dengan kemunculan penyakit-penyakit yang belum pernah terindentifikasi. Seperti virus cacar monyet, Flu Burung, Ebola, SARS, MERS, Rabies dan cacar. 

Lalu, tahukah Anda? Ada seorang ilmuan Islam yang telah menemukan berbagai cara pengobatan dan karyanya telah digunakan sebagai pedoman di dunia pengobatan. Ini penjelasannya. 

Nama lengkapnya Ibnu Sina ia dilahirkan di desa Afsyanah, dekat Bukhara, di kawasan Asia Tengah pada tahun 370 H.

Dikutip dari Kompasiana.com, Ibnu Sina adalah bapak kedokteran. Bukan hanya dikalangan muslimin, Ibnu Sina juga dipuja di Eropa. Buku-bukunya menjadi pelajaran wajib mahasiswa kedokteran dunia. 

Pada usia 10 tahun ia telah menyelesaikan pelajaran Alquran, sastra dan Bahasa Arab. Kemudian ia belajar ilmu fiqih pada Ismail yang terkenal orang yang hidup zuhud. Ia juga belajar matematika dan ilmu ukur pada Ali Abu Abdullah an-Natili.

Beliau dikenal dengan bapak kedokteran, farmasi, astronomi. Salah satu kitab yang terkenal adalah Al-Qanun fi al-Tibb. 

Kitab ini adalah buku yang berisi tentang ilmu kedokteran. Orang Barat menyebut buku ini dengan Canon of Medicine. Buku tersebut telah diterjemahkan oleh Gerrard of Cremona pada abad ke-11 dengan judul Canon yang diterbitkan di Roma pada tahun 1593 M.

Kitab ini telah menjadi rujukan diberbagai universitas Barat hingga abad ke-15 dan juga dijadikan sebagai ensiklopedi kedokteran.

Halaman
123
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved