Breaking News:

Serambi Award 2020

Kemajuannya Seperti Orang Lari

Selain itu berhasil menggerakkan SDM untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional dari 964 artikel menjadi 4.810 artikel.

Serambi/Budi Fatria
Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur, menyerahkan sertifikat Serambi Award 2020 kepada Wakil Rektor Unsyiah bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat, Dr Hizir pada malam Anugerah Serambi Award 2020, Jumat 28 Februari 2020 di Hermes Palace Hotel. SERAMBI/BUDI FATRIA 

Kemajuannya Seperti Orang Lari

PADA 12 Agustus 2018 Kemenristekdikti melaksanakan Simposium Cendekia Kelas Dunia, kemudian ditutup dengan pemberian anugerah kepada akademisi terbaik negeri ini dengan tajuk acara Academic Leader Award 2018 yang digelar pada 17 Agustus 2018 malam. Pada saat itu diumumkan bahwa Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng terpilih sebagai salah satu rektor PTN yang mendapat penghargaan Academic Leader 2018.

Rektor Unsyiah berhasil meraih penghargaan atas keberhasilannya menerapkan konsep pengembangan mutu terstruktur dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akreditasi institusi dari C menjadi A.

Capaian Fantastis Unsyiah

Ia juga telah membawa berbagai kebijakan baru di bidang kebijakan akademik dengan menerapkan pendidikan percepatan doktor melalui penggunaan dana sendiri. Selain itu berhasil menggerakkan SDM untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional dari 964 artikel menjadi 4.810 artikel.

Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur, menyerahkan sertifikat Serambi Award 2020 kepada Wakil Rektor Unsyiah bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat, Dr Hizir pada malam Anugerah Serambi Award 2020, Jumat 28 Februari 2020 di Hermes Palace Hotel. SERAMBI/BUDI FATRIA
Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur, menyerahkan sertifikat Serambi Award 2020 kepada Wakil Rektor Unsyiah bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat, Dr Hizir pada malam Anugerah Serambi Award 2020, Jumat 28 Februari 2020 di Hermes Palace Hotel. SERAMBI/BUDI FATRIA (Serambi/Budi Fatria)

Menurut Samsul, penghargaan ini merupakan keberhasilan seluruh civitas akademika Unsyiah. Tanpa dukungan, dedikasi, dan support semua pihak maka tidak mungkin prestasi ini diperoleh. “Ini adalah kado terindah bagi Unsyiah di usia 73 Republik Indonesia,” ujar Samsul kala itu. Ingin tahu lebih dalam rahasia di balik pencapaian Unsyiah yang spektakuler itu, baik dalam hal akreditasi institusi yang dari C ke A maupun Academic Leader Award yang diraihnya, Serambi mewawancarai Prof Samsul Rizal, Senin (10/2/2020) lalu. Berikut petikannya.

Apa kunci rahasia di balik kesuksesan kampus yang Anda pimpin?
Kenapa bisa sukses, karena semua orang di Unsyiah, alumni dan para stakeholder, mau kerja sama dan percaya kepada pemimpin. Kedua, saya hanya meminta kepada semua dosen dan pegawai untuk bekerja dengan ikhlas, urusan honor dan kesejahteraan biar rektor yang urus. Tentang ini boleh ditanyakan kepada dosen, mulai profesor sampai tenaga kontrak. Dan terakhir, kita harus jujur, sehingga kita tahu apa kekurangan dan kelemahan agar bisa kita perbaiki. Jadi, bukan dengan menutupi dan menyalahkan orang lain.

Serambi Award 2020 untuk Unsyiah dalam katagori Perolehan Akreditasi Fantastis

Masih ada faktor yang lain?
Selain itu, ya kita perbaiki sistem informasi dan pustaka dengan staf yang mau berkerja keras sehingga mahasiswa dan dosen mau menggunakan pustaka dan data-data.

Apa upaya yang dilakukan agar saat reakreditasi nanti nilai A tetap bisa dipertahankan?
Kita sudah siapkan semuanya dan sudah kita kirimkan semua dokumen ke BAN-PT. Sekarang Unsyiah sudah lebih baik dan kemajuannya seperti orang lari. Kita ranking terbaik di berbagai lembaga internasional. Silakan buka homepage Sinta. (http://sinta2.ristekdikti.go.id/affiliations/detail?id=442&view=overview).(*)

Editor: Hari Teguh Patria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved