Breaking News:

Serambi Award 2020

Asupan Gizi untuk Seluruh Anak

Program ini untuk pemenuhan gizi anak setelah gizi ibu menyusui, jadi dengan bantuan langsung itu mereka bisa memanfaatkan,..,

For Serambinews.com
KEPALA Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Sabang, dr Titik Yuniarti M.KT 

Asupan Gizi untuk Seluruh Anak

Serambi Award 2020
Serambi Award 2020 (serambinews.com)

 KEPALA Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Sabang, dr Titik Yuniarti M.KT mengatakan, Program Geunaseh dijalankan dengan memberikan bantuan langsung berupa uang Rp 150 ribu/anak setiap bulan untuk semua anak Sabang yang berusia 0-6 tahun. Artinya dalam setahun seorang anak dengan usia tersebut mendapatkan bantuan Rp 1,8 juta.

BANTUAN GEUNASEH - Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom bersama Wakil Wali Kota
Sabang, Drs H Suradji Junus, menyerahkan secara simbolis bantuan Geunaseh Sabang kepada masyarakat
di Kota Sabang. Setiap anak mendapat bantuan Rp 150 ribu/perbulan.
BANTUAN GEUNASEH - Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom bersama Wakil Wali Kota Sabang, Drs H Suradji Junus, menyerahkan secara simbolis bantuan Geunaseh Sabang kepada masyarakat di Kota Sabang. Setiap anak mendapat bantuan Rp 150 ribu/perbulan. (For Serambinews.com)

“Program  ini untuk pemenuhan gizi anak setelah gizi ibu menyusui, jadi dengan bantuan langsung itu mereka bisa memanfaatkan untuk membeli pemenuhan gizi. Ini jangka panjangnya juga sebagai upaya pencegahan stunting,” ujar dr Titik.

Program ini sudah berjalan sejak Januari 2019 dan sudah menyasar ribuan anak Sabang. Menariknya, Program Geunaseh itu juga tidak melihat latar belakang keluarga penerima, karena semua anak dengan usia 0-6 tahun dapat didaftarkan ke Dinas Kesehatan, lalu biaya gizi Geunaseh itu langsung ditransfer ke rekening masing-masing setiap bulan.

Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur menyerahkan sertifikat
Serambi Award 2020 kepada Wali Kota Sabang, Nazaruddin
Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur menyerahkan sertifikat Serambi Award 2020 kepada Wali Kota Sabang, Nazaruddin (serambinews.com/Budi Fatria)

Pada saat di-launching, jumlah penerimanya sebanyak 3.928 anak, namun data terakhir Desember 2019, jumlah penerima sudah mencapai 4.507 anak.

‘Menyapa’ Lewat Program Prioritas

Titik menjelaskan, setiap anak penerima manfaat hanya tinggal mencantumkan akte kelahiran untuk masuk program Geunaseh. Syarat itu diberlakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurus akte kelahiran.

Program Geunseh berjalan dengan sangat baik, karena semua anak Sabang sudah terdaftar.

Pemimpin Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd. Din menyerahkan sertifikat
Serambi Award 2020 kepada Wali Kota Sabang, Nazaruddin
Pemimpin Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd. Din menyerahkan sertifikat Serambi Award 2020 kepada Wali Kota Sabang, Nazaruddin (serambinews.com/Budi Fatria)

Hanya saja, kata Titik, hasil dari program pemenuhan gizi ini tidak dapat dilihat dalam waktu dekat, tapi jangka panjang, setidaknya lima tahun kedepan. “Pemenuhan gizi ini akan nampak hasilnya  lima tahun yang akan datang, jadi gak langsung terlihat,” ujarnya.

Program Geunaseh itu menjadi program prioritas Pemko Sabang di Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Sabang. Selain pemberian bantuan langsung, juga ada peningkatan akses dan pelayanan kesehatan sebagai dukungan terhadap perbaikan malnutrisi. Dalam setahun sekitar Rp 9 miliar anggaran APBK Sabang diplot untuk program Geunaseh. (***)

Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved