Breaking News:

DKPP Beri Sanksi Peringatan Pada Ketua dan Anggota KIP Aceh Karena Lambat Proses Surat Irwandi Yusuf

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi Peringatan kepada ketua dan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Rabu 11/3

Partai Nanggroe Aceh (PNA) 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi Peringatan kepada ketua dan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Rabu (11/3/2020).

Sanksi itu diberikan melalui rapat pleno yang dipimpin Plt Ketua DKPP, Muhammad.

Sebelumnya, DKPP menggelar sidang perkara gugatan Irwandi Yusuf selaku Ketua DPP Partai Nanggroe Aceh (PNA) terhadap Ketua dan Anggota KIP Aceh, Samsul Bahri (Teradu I), Tharmizi (Teradu II), Munawarsyah (Teradu III), Muhammad (Teradu IV), dan Ranisah (Teradu V).

Irwandi Yusuf Resmi Daftar Kasasi Terkait Gugatan Dualisme Kepengurusan PNA

Gugatan itu karena KIP Aceh dinilai terlambat memproses surat Irwandi Yusuf yang meminta agar tidak melantik Samsul Bahri Ben Amiren alias Tiyong dan M Rizal Falevi Kirani, masing-masing anggota DPRA dari PNA lantaran sudah dipecat dari kepengurusan PNA versi Irwandi.

"Memutuskan, mengabulkan pengaduan Pengadu untuk sebagian. Menjatuhkan Sanksi Peringatan kepada Teradu I, II, III, IV, dan Teradu V (Ketua dan Anggota KIP Aceh) terhitung sejak dibacakannya Putusan ini," baca Muhammad. 

DKPP juga memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk menindaklanjuti Putusan itu paling lama tujuh hari sejak putusan dibacakan.

PNA Kubu Tiyong Pertanyakan SK ke Kemenkumham Aceh  

"Memerintahkan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk mengawasi pelaksanaan Putusan ini," ujar mantan Ketua Bawaslu RI itu.

Putusan itu diputuskan dalam rapat pleno DKPP yang dilaksanakan oleh Plt Ketua, Muhammad bersama Teguh Prasetyo, Alfitra Salam, Ida Budhiati, dan Rahmat Bagja, masing-masing sebagai anggota DKPP.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved