Kesehatan

Ingin Sakit Tenggorokan Anda Cepat Sembuh? Cukup Air Hangat dan Madu

Alhasil kandungan tersebut dinilai dapat membantu memerangi partikel asing penyebab sakit tenggorokan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Tribunnews
Masker bahan alami dari madu 

Alhasil kandungan tersebut dinilai dapat membantu memerangi partikel asing penyebab sakit tenggorokan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

SERAMBINEWS.COM - Gejala sakit tenggorokan yang paling sering dialami penderitanya adalah kesulitan menelan makanan dan minuman atau menelan air liur.

Penyebab sakit tenggorokan sendiri paling sering adalah infeksi virus, seperti pilek atau flu.

Meski kondisi ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, tapi tentu harus memakan waktu.

Dimana biasanya proses penyembuhan sakit tenggorokan ini berkisar satu minggu.

Namun bagi mereka yang mengalaminya tak perlu khawatir, sebab ada bahan alami yang ternyata bisa membantu mempercepat proses penyembuhan.

Bahan alami tersebut tak lain dan tak bukan adalah madu.

Menurut European Food Information Council, madu telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional karena memiliki zat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan.

Madu juga memiliki kadar air rendah, hidrogen peroksida, dan keasaman (pH rata-rata 3,9) yang tidak ramah bagi bakteri sehingga memberi madu sifat antibakteri.

Sifat antiinflamasi diduga karena zat antioksidan yang terkandung dalam madu, meski begitu jumlahnya berbeda-beda dalam tiap sampel madu tergantung pada asal madu, komposisi, dan dosisnya.

Halaman
12
Editor: Nur Nihayati
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved