Luar Negeri

Ulama Al-Azhar Mesir Keluarkan Fatwa Bolehkan Shalat di Rumah untuk Cegah Virus Corona

Fatwanya meminta umat Islam untuk tidak melakukan shalat Jumat dan shalat berjamaah di masjid-masjid untuk membatasi penyebaran virus corona.

BBC/Twitter @Egyarmyspox
Tentara Mesir mengatakan akan menggunakan peralatan pemadam kebakaran untuk menyeterilkan ruang terbuka. (BBC/Twitter @Egyarmyspox) 

SERAMBINEWS.COM, KAIRO - Dikutip dari BBC Araby, Ulama Al-Azhar Mesir mengeluarkan fatwa pada Minggu (15/03/2020).

Fatwanya meminta umat Islam untuk tidak melakukan shalat Jumat dan shalat berjamaah di masjid-masjid untuk membatasi penyebaran virus corona.

Tentara Mesir mengambil "langkah pencegahan" untuk mengantisipasi virus dan memberi dukungan kepada berbagai lembaga negara.

Dalam fatwa resminya, Otoritas Ulama Senior dari Al-Azhar Mesir mengizinkan penangguhan shalat Jumat dan shalat berjamaah untuk melindungi orang-orang dari penularan virus corona.

"Mengingat frekuensi informasi medis yang mengumumkan bahwa sebenarnya bahaya dari virus adalah kemudahan dan kecepatan penyebarannya, fatwa tersebut sejalan dengan tujuan terbesar hukum Islam yaitu melindungi jiwa dari semua bahaya dan kerusakan," kata pihak berwenang dalam sebuah pernyataan.

Dia menjelaskan bahwa alternatif yang benar untuk shalat Jumat adalah empat rakaat di siang hari di rumah (salat Zuhur), atau di tempat mana pun yang tidak ramai.

Otoritas itu menambahkan bahwa semua warga negara diwajibkan oleh hukum untuk mematuhi instruksi dan pedoman yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan.

Hal itu juga untuk membatasi penyebaran virus dan menghilangkannya, serta "mendapatkan informasi dari sumber resmi yang relevan."

Juru bicara militer untuk Angkatan Bersenjata Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi bahwa "cadangan mendesak bahan makanan dan alat sterilisasi dan peralatan sedang dipertahankan."

Dia menambahkan, "Mobil dan peralatan pemadam kebakaran telah disesuaikan untuk digunakan dalam pekerjaan sterilisasi ruang terbuka."

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved