Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Penyebaran Virus Corona belum Berdampak Pada Ekspor Kopi Arabika Gayo

Merebaknya virus corona hampir di sebagian besar negara di dunia, belum memberikan dampak signifikan terhadap ekspor kopi arabika Gayo....

Penulis: Mahyadi | Editor: Jalimin
IST
Rahmah, Ketua Koperasi Ketiara Takengon. 

Penyebaran Virus Corona Belum Berdampak Pada Ekspor Kopi Arabika Gayo 

 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

 

SERAMBINES.COM, TAKENGON – Merebaknya virus corona hampir di sebagian besar negara di dunia, belum memberikan dampak signifikan  terhadap ekspor kopi Arabika Gayo. Beberapa eksportir di Kabupaten Aceh Tengah, masih tetap melakukan pengiriman kopi sesuai dengan kontrak dengan sejumlah buyer. 

Bahkan, ada beberapa eksportir sampai bulan Mei 2020 mendatang, akan tetap melakukan pengiriman. “Kebetulan kopi arabika Gayo kami 100 persen dikirim ke Amerika. Bahkan, kami baru saja mengirim satu kontainer sesuai dengan permintaan buyer,” kata Ketua Koperasi Kopi (Kopepi), Ketiara, Rahmah kepada Serambinews.com, Jumat (20/3/2020).

Disebutkan Rahmah, ekspor kopi Arabika Gayo, sampai dengan saat ini, masih berjalan normal. Artinya, penyebaran virus corona masih belum memberikan dampak negatif bagi perdagangan kopi Arabika Gayo.

“Sampai dengan hari ini, tidak ada masalah. Kami masih tetap mengirim kopi. Tapi, kami tidak tahu ke depannya,” ujar Rahmah. 

Rahmah menambahkan, selain ekspor kopi, proses transaksi jual beli kopi di tataran petani, juga masih tetap berjalan seperti biasa. Begitu juga dengan stok kopi, Kopepi Ketiara, masih memiliki sekitar enam kontainer lagi dalam resi gudang “Kalau untuk memenuhi kontrak sampai bulan mendatang, kami masih punya stok. Diperkirakan, bisa sampai bulan Mei 2020 nanti,” tambahnya.

Disisi lain, produksi kopi Arabika Gayo, sudah memasuki masa penghujung panen dan diperkirakan akan ada masa jeda.

“Nanti pertengahan bulan April, diperkirakan kopi akan kembali berbuah atau panen baru. Insa Allah, Kalau kita lihat bunga kopi sekarang untuk panen Oktober produksi bisa jadi meningkat,“ pungkas Rahmah.(*)

Iqfariana, Mahasiswi Cantik Ini Ingin Jadi Pengusaha Muda

Pulang Kunker, DPRD Blora Tolak Cek Kesehatan dan Marah Pada Petugas Dinkes: Kita DPR, Bukan Teroris

Siapkan Obat untuk Pasien Covid-19, Jokowi Sebut Telah Pesan 5 Ribu Avigan dan 3 Juta Klorokuin

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved