Berita Bireuen

Sejumlah Camat Pantau Penggunaan Dana Desa, Ini Tujuannya

Menurut Armaidi, kewajiban seluruh camat memastikan kegiatan apa saja yang telah diselesaikan, dilaksaakan di masing-masing desa.

For Serambinews.com
Camat Jeunieb, Bireuen, M Yusuf S Sos. 

Menurut Armaidi, kewajiban seluruh camat memastikan kegiatan apa saja yang telah diselesaikan, dilaksaakan di masing-masing desa.

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Sejak beberapa waktu lalu sejumlah camat di Bireuen turun ke desa-desa masing-masing memantau pemanfaatan bantuan Dana Desa (DD) dan bantuan Alokasi Dana Gampong (ADG) tahun 2019 lalu.

Camat Jeunieb Bireuen, M Yusuf S Sos kepada Serambinews.com, Sabtu (21/03/2020) mengatakan, tim sudah turun ke sejumlah desa untuk melihat secara dekat tentang program kerja dan hasil kerja dengan sumber dana desa yang diterima tahun lalu.

”Saya sedang turun ke desa Alue Lamsaba dan beberapa desa lainnya untuk mendapat informasi dari keuchik dan warga menyangkut penggunaan bantuan yang diterima mereka tahun lalu,” ujar camat.

Pemkab Aceh Singkil Dirikan Posko Siaga Corona, Ini Tujuannya

Ustaz Abdul Somad Soal Wabah Virus Corona: Dukung Fatwa MUI dan Kritisi Orang Asing Dibiarkan Masuk

Korban Kebakaran di Bireuen Mengungsi di Tenda Darurat, Linangan Air Mata Masih Menyelimuti

Apalagi tambahnya, masih banyak desa di Jeunieb hingga minggu ketiga Maret belum mengajukan usulan pencarian bantuan tahap pertama tahun 2020 dan meminta perangkat desa untuk mempercepat pengajuan usulan tersebut sehingga tidak terlambat dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang telah dituangkan dalam APBG masing-masing desa.

Sementara itu Camat Samalanga, Mulyadi SH kepada Serambinews.com, Sabtu (21/03/2020) mengatakan, pengawasan penggunaan dana desa tahap pertama dan secara umum adalah pada tingkat kecamatan.

Maka hampir setiap minggu tim kecamatan turun ke desa-desa untuk melihat secara kasat mata program dan hasil karya yang dilakukan perangkat dan masyarakat desa menyangkut bantuan tahun 2019 lalu.

Sejumlah desa di Samalanga sudah dikunjungi, selain tim dari kecamatan tim dari Inspektorat Bireuen juga segera turun ke desa-desa memastikan berbagai kegiatan yang dananya bersumber dari bantuan DD dan ADG.

“Selain melihat secara dekat pekerjaan tahun 2019 juga memastikan pada perangkat desa menyangkut usulan pencarian dana bantuan tahap pertama tahun 2020,” ujarnya.

Camat Peusangan Siblah Kruang, Armaidi SHi secara terpisah kepada Serambinews.com mengatakan, tim kecamatan turun ke desa-desa melihat pekerjaan sumber dana bantuan 2019 adalah kewajiban.

Turunnya tim bertujuan melihat secara dekat kebersamaan masyarakat desa dan hasil karya atau pekerjaan sumber dana tahun 2019 lalu yang sudah diterima mereka.

Menurut Armaidi, kewajiban seluruh camat memastikan kegiatan apa saja yang telah diselesaikan, dilaksaakan di masing-masing desa.

“Bila ada kesalahan adminisrasi atau kekeliruan lain meminta untuk diperbaiki
segera sebelum tim inspektorat turun ke desa-desa,” ujarnya. (*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Nur Nihayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved