Update Corona Aceh Tamiang

Dukung Masyarakat di Rumah Saja, Disdukcapil Aceh Tamiang Buka Pelayanan Online

Untuk memutus mata rantai virus Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Tamiang menyediakan layanan online.

SERAMBINEWS.COM/RAHMAD WIGUNA
Kadisdukcapil Aceh Tamiang Sepriyanto saat menyosisalisasikan sistem adminduk, beberapa waktu lalu. Saat ini KTP yang selesai cetak menumpuk karena belum diambil pemiliknya. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Sejumlah kebijakan dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Tamiang untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Kebijakan baru ini merupakan yang berkaitan langsung dengan pelayanan langsung kepada masyarakat dalam kepengurusan adminduk.

"Masyarakat tetap di rumah saja merupakan salah satu cara ampuh untuk memutus mata rantai virus Covid-19. Bentuk dukungan kami dalam kebijakan ini ialah menyediakan layanan online," kata Kadis Dukcapil Aceh Tamiang, Sepriyanto, Minggu (29/3/2020).

Pendaftaran online ini kata dia disediakan untuk pembuatan kartu keluarga, surat pindah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), akta kematian, akta kelahiran dan layanan konsolidasi data untuk BPJS, Imigrasi, perbankan dan lain-lain.

Selama ini kata dia pengurusan jenis-jenis adminduk itu menciptakan antrean panjang di kantor Disdukcapil.

"Berdasarkan imbauan bupati dan Dirjen Dukcapil tentang social distancing, makan jenis-jenis pelayanan ini kita sediakan pendaftaran online. Dengan begitu kerumunan warga yang mengantre terhindarkan," lanjut Sepriyanto.

Sepriyanto menjelaskan proses yang dilakukan lewat layanan daring membutuhkan waktu paling cepat satu jam atau paling lama satu hari kerja.

Ditambahkannya kebijakan lain yang bertujuan untuk menciptakan social distancing ialah menyediakan pelayanan terjadwal untuk pengambilan dokumen Adminduk yang telah selesai.

"Untuk Pengambilan dokumen kependudukan yang telah selesai, gunakan fasilitas Booking Service.  Masyarakat cukup membuat janjian jadwal pengambilan, lalu datang mengambil dokumennya pada jadwal yang disepakati," bebernya.

Di sisi lain petugas yang melayani masyarakat juga telah dilengkapi masker dan sarung tangan. Selain itu, di kantor disediakan hand sanitizer dan wastafel serta sabun cuci tangan lengkap dengan tisu.(*)

Anggota DPRA Desak Pemerintah Segera Tutup Sementara Bandara, Pelabuhan, dan Terminal

Tersengat Listrik, Warga Trumon Timur Meninggal Dunia, Berawal dari Tarik Besi

VIRAL Pasien Positif Virus Corona Kirim Surat Terbuka untuk Jokowi, Begini Ungkapannya

VIDEO - Sudah Dua Pekan Ini Jumlah Penumpang Kapal ke Simeulue Meningkat Tajam

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved