Breaking News:

Dampak Corona

Jamaah Umrah yang Tertahan di Mekah Akibat Corona Kini Sudah Bisa Kembali, Ini Penjelasan Kemenag

Kerajaan Arab Saudi akan menyediakan pesawat penerbangan ke Indonesia dan pembebasan denda keimigrasian untuk jemaah yang telah melakukan registrasi.

tribunnews.com
Petugas membersihkan kakbahdi tengah penyebaran virus Corona. 

Laporan Syamsul Azman | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 44 jemaah umrah yang sebelumnya tidak bisa pulang ke Indonesia karena kebijakan lockdown Arab Saudi sudah mendapat izin untuk kembali ke tanah air, Selasa (31/3/2020). 

Terkait hal tersebut, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menjelaskan bahwa 44 jemaah tersebut sudah terdaftar untuk diberangkatkan ke Indonesia. 

Jemaah yang tidak bisa kembali karena kebijakan menutup akses di Arab Saudi saat ini berada di salah satu hotel di Arab Saudi dan menunggu kesiapan maskapai Saudi. 

"Semua jemaah umrah yang terdampak kebijakan lockdown Saudi sudah terdaftar dalam sistem. Mereka tinggal menunggu jadwal pemulangan," terang Endang Jumali, seperti dikutip pada kemenag.go.id, Selasa (31/03).

Selanjutnya, Konsul Haji KJRI Jeddah juga menjelaskan bahwa jemaah yang terdaftar berjumlah 44 orang telah teridentifikasi menggunakan visa umrah.

Konsul Haji KJRI Jeddah juga terus melakukan komunikasi dengan pihak Saudia Airlines.

Hasil dari komunikasi tersebut, diperoleh informasi bahwa jemaah yang akan dipulangkan berdasarkan data yang sudah terdaftar dan dilaporkan oleh KBRI di Riyadh.

"Jemaah saat ini menginap di hotel yang disiapkan oleh penyelenggara umrah yang memberangkatkan mereka. Secara umum kondisinya baik meski mereka berharap bisa segera pulang," ujar Endang.

Pekan lalu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sudah menyampaikan kesiapannya untuk memfasilitasi kepulangan jemaah umrah pasca penutupan penerbangan internasional. 

Halaman
12
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved