Darwati A Gani, Donasikan Seluruh Gaji

Anggota DPRA dari Partai Nanggroe Aceh (PNA), Darwati A Gani, mendonasikan seluruh gajinya di DPRA untuk membantu dokter

IST
Darwati A Gani 

Anggota DPRA dari Partai Nanggroe Aceh (PNA), Darwati A Gani, mendonasikan seluruh gajinya di DPRA untuk membantu dokter dan paramedis yang berjuang menyembuhkan pasien yang positif terinfeksi virus Corona. Ia juga menyumbangkan gajinya kepada masyarakat miskin dan warga yang terganggu mata pencahariannya akibat wabah Covid-19.

"Donasi ini akan terus saya lakukan sampai pemerintah menetapkan wabah Covid-19 di Indonesia, berakhir," kata istri Irwandi Yusuf, mantan gubernur Aceh, ini kepada Serambi di Banda Aceh, Rabu (1/4/2020) siang. Sumber Serambi menyebutkan, gaji anggota DPRA periode ini sebesar Rp 32 juta per bulan. Setelah dikurangi pajak dan potongan lainnya, tersisa Rp 27 juta.

Darwati menyumbangkan seluruh gajinya senilai itu mulai 1 April kemarin. "Saya donasikan  untuk membantu dokter dan paramedis selaku pejuang Covid-19 di garda terdepan. Sekalian saya berharap pihak lain juga mau mendonasikan sebagian gajinya sesuai kemampuan," harap  Darwati.

Mantan First Lady Aceh itu juga berharap koleganya di lembaga legislatif maupun pejabat di eksekutif melakukan hal yang sama. "Apalagi, bagi pejabat eselon 2 dan jajaran di bawahnya yang belum lama ini mendapatkan tambahan tunjangan dalam jumlah yang besar," ungkap Darwati.

Ia berharap, kalau bisa ada perintah potong gaji atau tunjangan pejabat untuk disumbangkan kepada tim medis selama masa tanggap darurat ini. "Ke depan sepertinya kita harus mengidolakan dokter dan paramedis, bukan lagi artis, politikus, penyanyi, atau public figure lainnya," kata lulusan Program Studi Diploma III Kesekretariatan pada Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ini.

Pekan lalu, Darwati juga bergerak sendiri membeli dua ton beras lokal, lalu dikemas dalam ukuran 5 kg dan kemudian dibagi-bagikan kepada kelompok rentan yang terdampak wabah Corona di Aceh. Paket beras tersebut diserahkan Darwati bersama timnya, antara lain, kepada  nyak-nyak, yatim piatu, tukang becak, dan kaum duafa lainnya.

Legislator Aceh dari Dapil 1 (Aceh Besar, Banda Aceh, dan Sabang) ini bergerak cepat ke lapangan didampingi beberapa relawan yang tergabung dalam Tim Relawan Darwati Peduli Corona (RDPC) untuk membagikan beras ke gampong-gampong di berbagai kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Setelah ini, ia lanjutkan ke Kota Sabang dan kabupaten/kota lainnya.

Darwati sebenarnya tidak membentuk tim khusus untuk kerja kemanusiaan ini. Tapi, tim terbentuk secara alamiah atas inisiatif relawan yang mengirimkan inbox via Instagram (IG) dan Facebook (FB) miliknya. Mereka melaporkan kondisi masyarakat yang sudah mulai merasakan efek berdiam di rumah akibat wabah Corona ini.

Sebagai perempuan dan seorang ibu, hati Darwati turut merasakan apa yang dirasakan masyarakat kelas bawah yang mencari nafkah hanya untuk kebutuhan sehari- hari. "Makanya, saya tergerak untuk mendonasikan gaji sebagai anggota DPRA dengan membagikan sembako bagi masyakat yang terimbas wabah Corona. Insya Allah, jika ada kemudahan lainnya kami akan membagikan secara bergilir kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan," ungkap Darwati.

Politisi kelahiran Bireuen ini juga menyumbang dalam bentuk uang tunai kepada beberapa lembaga yang sekarang gencar menggalang dana kemanusiaan untuk disumbangkan kepada dokter, paramedis, dan keluarga pasien yang positif Corona. Di antaranya melalui Forum Aceh Menulis (FAMe). (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved