Kehadiran TMMD Wujudkan Harapan Warga Daerah Tertinggal

Dusun Leupon, berjarak 17 Km dari desa induknya Buket Kuta, Kecamatan Peudawa, belum memiliki akses jalan langsung dari desa induk.

Dok. Media Center Kodim Aceh Timur
Kolase foto Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos, M Tr (Han) memberi arahan saat pelesapan Satgas TMMD di Koramil Peudawa, Senin 16 Maret 2020, serta kondisi badan jalan Leupon, Desa Buket Kuta, sebelum dan setelah dibangun melalui TMMD ke-107 Kodim 0104/Atim. 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Senyum sumringah terpancar dari wajah Sakdiah (44) saat awak media, didampingi Batuud Koramil 16/Peudawa, Pelda Imrani, tiba di rumah orang tua asuh Satgas TMMD Reguler ke-107 Kodim 0104/Aceh Timur tahun 2020 tersebut di Dusun Leupon, Gampong Buket Kuta, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur, Kamis 26 Maret 2020.

“Alhamdulillah jalan kami sudah dibangun, kalau ke kota tidak becek lagi. Terimakasih TMMD,” kalimat ekpresi bahagia itu terucap spontan dari mulut Sakdiah.

Saat ditemui awak media, Sakdiah yang didampingi suaminya Sutrisno sedang menurunkan kardus berisi aqua gelas untuk Satgas TMMD yang menginap di rumah mereka.

Dipandu Babinsa Serda Eko Tri Suranto, awak media kemudian menyusuri jalan Dusun Leupon yang dibangun TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Kodim 0104/Aceh Timur 2020.

Hari itu, Kamis 26 Maret 2020, merupakan hari ke-11 hari prajurit TNI bekerja membangun jalan di Dusun Leupon. Kegiatan TMMD ini dibuka secara resmi dengan acara doa bersama yang dipimpin Tgk M Yahya, bersama Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos, M Tr (Han), dan tokoh masyarakat Desa Paya Dua, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur, tangga 16 Maret 2020.

Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos, M Tr (Han) memberi arahan saat penglepasan Satgas TMMD di Koramil Peudawa, Senin 16 Maret 2020.
Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos, M Tr (Han) memberi arahan saat penglepasan Satgas TMMD di Koramil Peudawa, Senin 16 Maret 2020. (Dok Media Center Kodim Aceh Timur)

Kini, jalan itu sudah bisa dilalui dengan mudah, karena sudah ditimbun dan dipadatkan menggunakan alat berat. Di tepi jalan yang memiliki gorong-gorong, kami melihat seorang petani sedang merawat tanaman timunnya yang tumbuh subur. Sejumlah warga lainnya lalu-lalang membawa hasil pekebunan dengan laju kendaraan tanpa hambatan.

“Alhamdulillah jalan kami sudah dibangun. Ini ibarat mimpi yang menjadi kenyataan, bertahun-tahun sebelumnya kami berjalan di dalam lumpur,” ungkap Afwadi tokoh masyarakat dusun setempat.

Ketika ditemui awak media di lapangan Afwadi, dan warga lainnya berbaur dengan TNI membangun gorong-gorong.

Pengendara Sepmor melintasi jalan yang telah dibangun TNI melalui TMMD ke-107 Kodim 0104/Atim, di Dusun Leupon Desa Buket Kuta, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur.
Pengendara Sepmor melintasi jalan yang telah dibangun TNI melalui TMMD ke-107 Kodim 0104/Atim, di Dusun Leupon Desa Buket Kuta, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur. (Dok. Media Center Kodim Aceh Timur)

Aceh Timur adalah salah satu kabupaten di Aceh yang memiliki wilayah sangat luas.

Halaman
1234
Penulis: Seni Hendri
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved