Breaking News:

Pandemi Virus Corona

Anggota DPR RI Terima Uang Muka Kendaraan di Tengah Pandemi Virus Corona

Di tengah pandemi Corona ini, Anggota DPR-RI menerima uang muka untuk pembelian kendaraan perorangan.

Foto Kiriman Warga
Surat sekretariat DPR RI yang menerangkan anggota DPR-RI akan mendapatkan uang muka pembelian kendaraan sebesar Rp 116.650.000. 

Laporan Agus Ramadhan

SERAMBINEWS.COM – Di tengah pandemi virus corona yang melanda Indonesia, banyak masyarakat yang kehilangan penghasilannya.

Perekonomian berjalan lambat akibat dampak dari virus corona yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah.

Namun, di tengah pandemi ini pula, Anggota DPR-RI menerima uang muka untuk pembelian kendaraan perorangan.

Surat yang dikeluarkan oleh Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menjadi perbincangan di media sosial twitter.

Surat itu bernomor SJ/8424/Setjen DAN BK DPR RI/PK.02/2020 yang ditanda tangani oleh Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar, pada Senin, 6 Maret 2020.

Dalam surat itu menerangkan bahwa anggota DPR-RI akan mendapatkan uang muka pembelian kendaraan sebesar Rp 116.650.000.

Surat itu menjelaskan bahwa dasar hukum dalam pemberian uang muka kendaraan perorangan adalah Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2010 tentang Pemberian Fasilitas Uang Muka Bagi Pejabat Negara pada Lembaga Negara Untuk Pembelian Kendaraan Perorangan.

Dalam pasal 2 ayat 2 perpres tersebut menerangkan bahwa “Fasilitas uang muka untuk pembelian kendaraan perorangan sebagaimana dimaksud pada Ayat 1 diberikan per periode masa jabatan dan diterima setelah 6 (enam) bulan sejak dilantik”

Sehingga, Anggota DPR-RI yang dilantik pada tanggal 1 Oktober 2019 lalu, akan mendapatkan uang muka pembelian kendaraan sebesar Rp 116.650.000 dan dipotong pajak penghasilan sebesar 15 persen.

Halaman
12
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved