Hujan Meteor

Awal Ramadhan Tahun Ini Disambut Hujan Meteor, Simak Penjelasannya

Selama bulan April 2020 ini akan ada beberapa fenomena astronomi, seperti supermoon dan hujan meteor.

popsci.com
Ilustrasi hujan meteor. 

Laporan Syamsul Azman

SERAMBINEWS.COM - Awal Ramadhan atau 1 Ramadhan 1441 H  tahun ini bertetapan dengan tanggal 23 April 2020. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis penentuan awal Ramadhan tahun ini pada hari Kamis (9/4/2020). 

Informasi terkait hal ini disampaikan melalui siaran pers dari website bmkg.go.id. Sebagai institusi pemerintah salah satu tupoksi BMKG adalah memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah. 

Untuk itu, BMKG menyampaikan informasi Hilal saat Matahari terbenam, pada hari Kamis, tanggal 23 April 2020 M sebagai penentu awal bulan Ramadlan 1441 H.

Seperti yang diketahui keteraturan peredaran Bulan dalam mengelilingi Bumi, dan Bumi dengan Bulan dalam mengelilingi Matahari memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu. 

Penentuan awal bulan Hijriah ini sangat penting bagi umat Islam dalam penentuan awal tahun baru Hijriah, awal bulan Ramadlan, hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha.

Secara astronomis pelaksanaan rukyat Hilal penentu awal bulan Ramadlan 1441 H bagi yang menerapkan rukyat dalam penentuannya adalah setelah Matahari terbenam tanggal 23 April 2020. 

Sementara bagi yang menerapkan hisab dalam penentuan awal bulan Ramadlan 1441 H, perlu diperhitungkan kriteria-kriteria hisab saat Matahari terbenam tanggal 23 April 2020 tersebut.

Fenomena Astronomi 

Selama bulan April 2020 ini akan ada beberapa fenomena astronomi, hal tersebut disampaikan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan RI). 

Halaman
1234
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved