Breaking News:

Update Corona di Pidie Jaya

Tim Gugus Tugas Covid-19 Pidie Laksanakan Simulasi Pemulasaran Jenazah

Simulasi pemulasaran ini dilakukan untuk memberi pengetahuan khusus terkait penanganan jenazah Covid-19.

Serambinews.com
Tim medis RSU Tgk Chik Di Tiro Sigli, Pidie mempraktekkan cara pemulasaran jenazah korban wabah virus Covid-19 di instalasi kamar jenazah RSU setempat, Kamis (16/4/2020). 

Laporan Idris Ismail | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pidie, Kamis (16/4/2020) melaksanakan simulasi pemulasaran terhadap jenazah virus Corona. 

Dalam kegiatan ini turut melibatkan sebanyak 30 peserta dari kalangan unsur TNI,Polri, serta tenaga medis  dan Dinas Sosial (Dinsos) yang di pusatkan di kamar jenazah RSU Tgk Chik Di Tiro Sigli, Pidie.

Ketua Humas tim Covid-19 Kabupaten Pidie, Ir Hasan Yahya MSi kepada Serambinews.com, Kamis (16/4/2020) mengatakan, kegiatan simulasi penanganan atau pemulasaran terhadap jenazah Covid-19 ini dilakukan agar lebih memudahkan para tenaga medis serta tim yang terlibat dalam penanganan terhadap jenazah jika terjadi suatu saat nantinya.

"Sesuai dengan  standar operasional kami melibatkan semua unsur dalam penanganan ini yaitu baik dari unsur aparat kemanan TNI, Polri juga dari tenaga medis yang ada di RSU Tgk Chik Di Tiro, serta pihak Dinsos," jelasnya.

Ada lima hal penting dalam penanganan jenazah  Covid-19 yang patut dilakukan yaitu mulai  persiapan jenazah, disinfeksi, transfer jenazah ke ambulan, mensalatkan hingga pemakaman. 

Diakui dengan adanya simulasi ini akan mempermudah langkah-langkah apa saja atau tindakan yang tepat dilakukan jika sewaktu-waktu berhadapan dengan kondisi adanya jenazah Covid-19. Maka dengan upaya simulasi ini akan mempermudah tindakan medis dalam penanganan wabah virus Corona dengan paripurna.

Jadi, semua unsur yang telibat dalam pemulasaran jenazah ini akan mengetahui fungsi tugas masing-masing sehingga kelak dalam melaksanakan tugas dilapangan tanpa kendala dan hambatan. Sehingga pelayanan terhadap jenazah tersebut tanpa  aral yang melintang sedikitpun.

"Maka simulasi yang dilakukan sebagai bentuk kesiap siagaan gugus tugas Covid-19 Pidie dalam menghadapi wabah virus Corona ini,"ujarnya.(*)

VIRAL - Bocah 9 Tahun Setor Uang Celengan ke Polsek, Untuk Beli APD Tim Medis Tangani Pasien Corona

Kondisi Rumah Sakit di Amerika Serikat di Tengah Wabah Corona, Mayat-Mayat Ditumpuk Tidak Beraturan

Viral, Driver Ojol Terima Pesanan Pakai Box Plastik, Ini Komentar Driver Ojol

Kekejaman Pemimpin Korut Kim Jong Un, Tembak Mati Pasien Corona Hingga Eksekusi Menteri Ketiduran

Penulis: Idris Ismail
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved