Breaking News:

Update Corona di Aceh Tamiang

Masyarakat Masih Enggan Pakai Masker, Sembilan Organisas Berkolaborasi Beri Edukasi

Koordinator Forum Kemanusiaan Covid-19 Aceh Tamiang, Amarullah menjelaskan inisiatif kolabroasi edukasi ini didasari sikap mayoritas warga yang masih

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/RAHMAD WIGUNA
Aksi Forum Kemanusiaan Covid-19 Aceh Tamiang saat memberikan edukasi dan membagikan masker kepada masyarakat. Minimnya kesadaran masyarakat mengenakan masker butuh dukungan Surat Edaran Bupati. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Sembilan organisasi yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan berkolaborasi membentuk Forum Kemanusiaan Covid-19 Aceh Tamiang untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengenakan masker untuk menangkal ancaman virus Corona. 

Edukasi ini dilakukan relawan gabungan ini dengan terjun langsung ke tengah masyarakat untuk menjelaskan bahaya dan perkembangan virus Corona di Indonesia, sekaligus fungsi masker sebagai penangkal paling mudah dilakukan.

Koordinator Forum Kemanusiaan Covid-19 Aceh Tamiang, Amarullah menjelaskan inisiatif kolabroasi edukasi ini didasari sikap mayoritas warga yang masih enggan mengenakan masker ketika berada di luar ruangan.

Anggota DPRA dan Tamu Diperiksa Suhu Tubuh Sebelum Ikut Rapat Paripurna

Ada Jenazah Pejabat Dimakamkan secara Normal, Ternyata Hasil Tes Positif Corona

“Situasi virus Corona di Indonesia semakin memprihatinkan, di sisi lain kesadaran warga kita masih sangat rendah mengenakan masker,” kata Amarullah, Senin (20/4/2020).

Amarullah bersama timnya tidak menyalahkan sepenuhnya sikap warga ini karena menurutnya tidak semua warga memiliki pemahaman yang sama.

Atas pemikiran ini, sembilan organisasi yang memiliki misi serupa berinisiatif memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat.

“Kami memilih pasar pekanan sebagai tempat edukasi, karena setiap minggunya di pasar pekanan ini ramai dikunjungi banyak orang,” lanjutnya.

Kesembilan organisasi ini yakni, Gerakan Berbagi Tamiang (Gebetan), Palang Merah Indonesia (PMI), Atakamo, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Tagana, SAR, ACT-MRI, RAPI dan Pramuka.

“Edukasi ini kami sertai dengan pembagian masker gratis kepada masyarakat. Sama-sama kita menjaga diri dari bahaya virus Corona,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Amarullah menilai sudah selayaknya Bupati Aceh Tamiang Mursil menerbitkan Surat Edaran Bupati tentang penggunaan masker bagi seluruh masyarakat. 

Surat Edaran tersebut nantinya ditujukan untuk pimpinan instansi vertikal, Pimpinan SKPD, pimpinan perusahaan, camat, Datok Penghulu dan disampaikan juga kepada seluruh warung, toko, pasar tradisional, transportasi umum dan SPBU.

"Sebaiknya dalam surat edaran tersebut juga ada sanksi untuk memberikan efek jera kepada warga yang tidak patuh terhadap imbauan pemerintah,” tukasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved