Breaking News:

VIRAL Pernyataan Jokowi Soal Mudik dan Pulang Kampung Berbeda, Ini Difinisi Mudik dalam KBBI

Sejumlah netizen (warganet) membahas perbedaan mudik dan pulang kampung menyusul penjelasan Presiden Joko Widodo terkait arti kedua kata tersebut

Editor: Amirullah
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Dalam kunjungannya Presiden Joko Widodo memastikan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Kata mudik dan pulang kampung kini  sedang viral dan ramai menjadi bahan obrolan di dunia maya.

Sejumlah netizen (warganet) membahas perbedaan mudik dan pulang kampung menyusul penjelasan Presiden Joko Widodo terkait arti atau makna kedua kata tersebut.

Arti mudik dan arti pulang kampung pun dijelaskan dengan berbagai argumen, termasul di antaranya dengan mengutip Kamus Bahasa Besar Indonesia (KBBI) atau kamus lainnya. 

Presiden Jokowi dalam sebuah wawancara dengan wartawan senior Najwa Shihab mencoba menjelaskan arti mudik dan pulang kampung yang dalam pandangannya memiliki makna berbeda.

"Kalau itu bukan mudik. Itu namanya pulang kampung. Karena bekerja di Jabodetabek. Di sini mereka sudah tidak punya pekerjaan ya mereka pulang karena anak dan istri ada di kampug," ujar Jokowi.

Jokowi menjawab pertanyaan Najwa Shihab yang menyebutkan kenapa pemerintah baru akan membuat kebijakan terkait mudik padahal faktanya sudah banyak orang yang mudik.

"Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hampir 1 juta atau usekitar 900.000 orang yang sudah mudik. Kalau pemerintah baru akan melarang, apa tidak terlambat karena sebaran sudah terjadi?" tanya Najwa Shihab dalam sebuah video yang dibagikan di akun twitter @matanajwa, kemarin.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Presiden Jokowi kemudian menjelaskan arti mudik dan pulang kampung yang dalam pandangannya itu berbeda.

"Kalau mudik itu di hari Lebarannya. Ya beda. Untuk merayakan Idul fitri," kata Jokowi.

Najwa menegaskan, "Itu kan hanya perbedaan masalah waktu bapak."

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved