Breaking News:

Berita Banda Aceh

Usaha Rakyat Butuh Dukungan Pemerintah, Qanun Stimulus Harus Dikeluarkan

Regulasi atau aturan untuk memperlihatkan pemerintah pro-rakyat harus segera diterbitkan, berupa Qanun , sehingga bisa menjadi payung hukum

Usaha Rakyat Butuh Dukungan Pemerintah, Qanun Stimulus Harus Dikeluarkan
TAUFIK A RAHIM, Akademis Unmuha

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sangat membutuhkan dukungan pemerintah, terutama dalam segi permodalan dan pemasaran.

Regulasi atau aturan untuk memperlihatkan pemerintah pro-rakyat harus segera diterbitkan, berupa Qanun , sehingga bisa menjadi payung hukum bagi pelaku usaha dan juga perbankan .

Dr Taufik A Rahim MSi, pakar ekonomi dan politik  ini menegaskan masyarakat masih sulit mengakses perbankan, terutama sistim syariah secara penuh.

“Dalam kondisi saat ini, pemerintah provinsi seharusnya mengeluarkan stimulus untuk membantu membangun usaha kecil masyarakat, apalagi tersebar di seluruh Aceh dengan jumlah paling banyak,” katanya.

Ini Jam Operasional Warung Kopi dan Usaha Lainnya di Banda Aceh Selama Ramadhan

Komisi V DPRA Setuju Bantuan Sembako Diganti Uang Tunai, Tetapi Data Penerima Harus Direvisi

Dia menjelaskan Qanun satu ini bisa sebagai payung hukum bagi para pelaku usaha di seluruh sektor.

“Persoalan yang muncul selama ini, pelaku usaha kecil tidak memiliki jaminan untuk diajukan ke perbankan,” urainya kepada Serambinews.com, Kamis (23/4/2020).

Sehingga, katanya, dana stimulus atau talangan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha melalui perbankan, atau juga sistim bergulir di setiap kabupaten/kota di Aceh.

Dikatakan, membangun sektor ekonomi di Aceh yang handal tetap butuh waktu dan juga modal, tetapi pemerintah harus selalu memberi dukungan dan ada komitmen ke arah itu.

Ditambahkan, dalam setiap pelaksanaan program, tentunya selalu hadir tim monitoring dan evaluasi, baik dari pihak pemerintah maupun dewan.(*)

Penulis: M Nur Pakar
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved