Breaking News:

Virus Corona Serang Dunia

PM Selandia Baru Jacinda Ardern Klaim Menang Pertempuran Melawan Virus Corona

Klaim keberhasilan ini muncul beberapa jam sebelum Selandia Baru melonggarkan kebijakan karantina wilayah ataus lockdown.

Editor: Faisal Zamzami
REUTERS/STRINGER/Martin Hunter
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern tersenyum ketika memberikan keterangan pers terkait peringatan satu tahun tragedi Christchurch pada 13 Maret 2020.(REUTERS/STRINGER/Martin Hunter) 

SERAMBINEWS.COM - Pemerintah Selandia Baru mengeklaim telah mampu menghentikan penyebaran Covid-19, dengan sejumlah kegiatan bisnis, fasilitas pendidikan dan kesehatan akan dibuka mulai Selasa (28/04).

Dengan kasus baru hanya satu orang selama beberapa hari, yaitu seorang pada hari Minggu (26/04), Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern mengatakan virus itu "saat ini" dihilangkan.

Namun demikian pemerintah mengingatkan agar tidak berpuas diri, dengan mengatakan hal itu bukanlah berarti berakhirnya secara total kasus-kasus virus corona baru.

Klaim keberhasilan ini muncul beberapa jam sebelum Selandia Baru melonggarkan kebijakan karantina wilayah ataus lockdown.

Mulai Selasa (28/04), sejumlah kegiatan bisnis, fasilitas kesehatan, dan pendidikan dapat dibuka kembali.

Kebanyakan masyarakat masih akan diminta agar tetap tinggal di rumah setiap saat dan menghindari interaksi sosial.

"Kami membuka kegiatan ekonomi, tetapi kami tidak membuka kehidupan sosial masyarakat," kata Ardern dalam keterangan pers harian.

Selandia Baru telah melaporkan kurang dari 1.500 kasus virus corona yang terkonfirmasi dan ada 19 kasus kematian.

"Menghindari yang terburuk"

Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru, Ashley Bloomfield mengatakan, rendahnya jumlah kasus baru dalam beberapa hari terakhir "memang memberi kami keyakinan bahwa kami telah mencapai tujuan eliminasi (penghilangan)".

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved