Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Harga Ikan Tongkol Anjlok di Lhokseumawe, Ini Kata Pedagang

Wabah virus corona telah menyebar di semua provinsi di Indonesia. Banyak sektor, termasuk perikanan terpukul dengan dampak penyebaran penyakit ini...

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Jalimin
SERAMBINEWS.COM/ZAKI MUBARAK
Harga ikan tongkol anjlok sehingga pedagang mengeluh karena ikannya mulai membusuk dan terbuang, Senin (4/5/2020). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUAWE - Wabah virus corona telah menyebar di semua provinsi di Indonesia. Banyak sektor, termasuk perikanan terpukul dengan dampak penyebaran penyakit ini.

Hal ini sangat dirasakan oleh pedagang, nelayan dan pekerja perikanan di sejumlah daerah Aceh.

Seorang pedagang ikan di pasar kota Lhokseumawe mengatakan, Di TPI Pusong hasil tangkapan nelayan tidak lagi terserap di pasaran.

“Ikan-ikan tidak terjual di pasar menumpuk, satu fiber harganya Rp 500.000 – 600.000. Akibat menurunnya pembeli karena kondisi Corona harga ikan pun ikut melemah,” kata Fauzan salah satu pedagang ikan di kota Lhokseumawe.

Sementara Dedi pedagang ikan lainnya juga menyampaikan hal yang sama, dirinya kemarin melihat ada penjual memabuang ikan tongkol sekitar 400 kilogram karena ikanya mulai membusuk.

“Kemarin saya lihat sendiri, banyak ikan tongkol terbuat ke bibir pantai, ini menunjukan ikan tidak ada harganya, kita berharap pemerintah kota Lhokseumawe, bisa menyikapi kenapa bisa terjadi seperti ini,” kata Dedi kepada Serambinews.com, Senin (4/5/2020).

Dia menjelaskan, kita jual murah saja warga enggan membeli, bahkan kita tawarkan secara gratis juga warga menolak, akhirnya terbuang.

Disamping itu T Danus Usman Mantan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) juga menyikapi keluhan pedagang ikan, bahwa dalam sepekan ini harga ikan tokol relatif menurun, tidak tahu kenapa sebabnya.

“Ada rekan kita pedagang menceritakan kondisi ditengah wabah corona ini, kian merosot pemasukan pedagang kecil, sebagai contoh, harga ikan tongkol saat ini dipasar rata-rata Rp 10.000 perkilo, bahkan ada dibawahh itu harganya, ada yang jual Rp 5.000 perkilo namun harga segitu juga masih minim pembeli,” katanya.

Ia berharap ada perhatian dari pihak terkait untuk mencari solusi bagaimana kedepannya bila sewaktu-waktu harga iklan tongkol anjlok kita punyak tempat penyimpanan khusus agar ikan tersebut tetap segar, demikian pungkas T Danus Usman.(*)

Pencairan Tamsil Guru di Subulussalam Menunggu Data Kasek, Ini Kata Kadisdikbud Subulussalam

TP-PKK dan Dekranasda di Nagan Raya Bagikan 2.000 Masker dan Sembako untuk Warga  

Tikungan Gunung Lhok Krit Rawan Kecelakaan, Ini Harapan Camat Sawang Aceh Selatan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved