Razia Masker

Hari Pertama Razia Masker, Puluhan Pengendara Terjaring dan Diminta Membaca Alquran di Depan Ulama

Razia aparat kepolisian bersama Gugus Tugas Covid-19, Satpol PP/WH, Dinkes dan MPU ini menjaring puluhan pengendara yang tidak mengenakan masker.

Dok Pendim
Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra (kiri) saat memimpin razia masker di Simpang Kelana, Kota Kualasimpang, Aceh Tamiang, Selasa (5/5/2020) sore. Pelanggar diberikan sanksi membaca Alquran. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Kodim 0117/Atam untuk pertama kali melancarkan razia penggunaan masker terhadap pengendara di Jalan Medan–Banda Aceh, Kota Kualasimpang, Aceh Tamiang, Selasa (5/5/2020) sore.

Razia yang melibatkan aparat kepolisian, Gugus Tugas Covid-19, Satpol PP/WH, Dinas Kesehatan dan MPU ini menjaring puluhan pengendara yang tidak mengenakan masker.

Para pelanggar protokoler kesehatan ini kemudian diamankan petugas untuk didata dan diberikan sanksi berupa membaca Alquran di depan ulama MPU.

Para pengendara ini terlebih dahulu diminta mengambil wudhu sebelum menjalankan sanksinya.

“Kita sangat berharap masrakat peduli dengan kesehatan dirinya dan orang lain. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini, dibutuhkan kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat,” kata Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra.

Deki menjelaskan sanksi yang dijatuhkan lebih bersifat mendidik agar masyarakat terbisa hidup bersih dan memahami kegunaan masker di tengah ancaman wabah Covid-19.

Bahkan setelah menjalani hukuman mengaji, masing-masing pengendara ini diberikan masker gratis.

“Tujuannya memang edukasi, untuk melindungi daerah kita dari penyebaran virus Corona. Dan diharapakan masker yang diberikan dipakai saat ke luar rumah,” jelasnya.

Dia menambahkan sosialisasi wajib masker ini akan terus dilakukan hingga waktu belum ditentukan atau sampai tumbuh kesadaran sendiri masyarakat untuk mengenakan masker.

Kebijakan yang diprakarsai Kodim 0117/Atam ini sejalan dengan imbauan Bupati Aceh Tamiang Mursil yang juga mewajibkan masker bagi seluruh masyarakat.

Sejak sebulan terakhir, kebijakan wajib masker ini sudah lebih dulu diterapkan di internasl ASN.

Seluruh pegawai maupun masyarakat yang berkepntingan di lingkungan pemerintah diwajibkan mengenakan masker. Pihak yang membandel diberikan sanksio berupa tidak diizinkan masuk ke kantor pemerintahan.(*)

Cek Prediksi Cuaca di Sebagian Aceh Hingga Hari ke-15 Ramadhan

Viral, Pelajar Lulusan Jalur Corona Coret Baju Seragam Via Online

Total 12.071 Kasus Positif Corona di Indonesia per 05 Mei 2020, Ini 10 Daerah dengan Kasus Tertinggi

WNA Asal China di Sulawesi Tenggara Dilaporkan ke Polisi, Mister Wang Diduga Miliki KTP Palsu

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved