Breaking News:

Update Corona di Bireuen

Keluarga dari Warga Bireuen yang Positif Covid-19 Sudah Karantina, Ini Penjelasannya

Keluarga mulai dari ayah, ibu serta lainnya dari seorang warga Bireuen yang positif covid-19 dari salah satu kecamatan sudah mengikuti karantina..

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Husaini SH MM, juru bicara Covid-19 Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Keluarga mulai dari ayah, ibu serta lainnya dari seorang warga Bireuen yang positif covid-19 dari salah satu kecamatan sudah mengikuti karantina di rumahnya dan tim medis sudah memastikan hal tersebut untuk mengikuti protokol pencegahan covid-19.

Hal itu disampaikan Husaini SH MM, juru bicara tim gugus tugas pencegahan covid-19 Bireuen kepada Serambinews.com, Selasa (05/05/2020).

Husaini menjelaskan, kebijakan dan keharusan karantina sudah disampaikan kepada mereka untuk tidak lengah dan mengikuti protokol pencegahan covid.

Menjawab Serambinews.com, kenapa tidak mengikuti karantina di gedung diklat Cot Batee Geulungku, Husaini yang didampingi Plt Kadiskes Bireuen, dr Irwan A Gani mengatakan, sepertinya langkah karantina di rumah lebih sesuai dan untuk tidak bergabung dengan mereka yang sedang mengikuti karantina di gedung diklat Cot Batee Geulungku.

Husaini dan dr Irwan menambahkan, awal mulanya adanya warga Bireuen yang positif covid-19 tidak menetap di Bireuen, ia bekerja di Medan, Sumatera Utara.

Disebutkan, hasil konfirmasi dengan tim gugus tugas di Kota Medan, warga tersebut sudah pernah berobat di salah satu rumah sakit di Medan sejak Maret 2020 dan sudah sembuh. Kemudian dilakukan tes swab hasil Balitbang Kemenkes RI  pertama negatif, kemudian hasil swab kedua juga negatif.

Tim gugus tugas kembali melakukan pemeriksaan atau swab ketiga, hasilnya juga negatif,  terakhir beberapa waktu lalu dilakukan swab ke empat, hasilnya belum keluar. Warga tersebut secara diam-diam pulang ke Bireuen tempat orang tuanya.

Menjawab Serambinews.com ketika ditanya sudah berapa lama pulang ke Bireuen, dr Irwan mengaku mendapatkan informasi sudah dua hari berada di Bireuen dan ada juga informasi sudah lima hari berada di Bireuen.

“Pengakuan kepada tim gugus sudah dua hari di Bireuen,” ujarnya.

Ditambahkan, Senin (04/05/2020) hasil swab untuk yang bersangkutan beberapa waktu lalu dari Jakarta keluar dan hasilnya positif covid-19, maka tim gugus tugas Medan segera mencari keberadaan pria tersebut sedang dimana untuk menjalani perawatan ulang. Setelah dicari untuk dibawa ke rumah sakit tidak diketahui keberadaanya lagi di Medan, akhirnya melakukan koordinasi dengan tim gugus tugas di Bireuen karena alamat orang tuanya di Bireuen.

“Kami dapat informasi sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (04/05/2020) dan langsung koordinasi dengan anggota tim lainnya termasuk BPBD dan RSUD dr Fauziah Bireuen,” ujar Husaini yang didampingi Plt Kadiskes Bireuen.

Setelah berkoordinasi dan pihak RSUD sudah menyiapkan ruang isolasi, kemudian malamnya tim berangkat ke rumah warga tersebut untuk dibawa ke rumah sakit. Saat tim tiba di rumah yang bersangkutan sedang berada di rumah dan dijelaskan maksud kedatangan dan keluarga tersebut memahami dengan baik. 

Hasil urung rembuk, warga tersebut dianjurkan ke RSUD dr Fauziah Bireuen, RSUZA Banda Aceh atau ke RS di Medan tempat pernah dirawat sebelumnya.

“Berbagai pertimbangan diputuskan keluarga tersebut dan mereka meminta dibawa ke Medan, lalu tim gugus memahami dan menyetujui dibawa ke Medan,” ujar Husaini.  Saat tim menjemputnya, tambah dr Irwan A Gani warga tersebut dalam kondisi sehat dan segera dibawa ke Medan.

Sebagaimana diberitakan, temuan atau hasil tes Swab Balitbang Kemenkes RI, satu warga Bireuen dinyatakan positif terjangkit virus corona (Covid-19).(*)

Satu Warga Bireuen Positif Covid-19, Keluarga dan Teman Dekatnya akan Dirapid Test

VIRAL Hadist 15 Ramadhan 2020 Hari Jumat, Ini Tanggapan Buya Yahya dan Syafiq Riza Basalamah

Ini Deretan Peristiwa Besar Awal Tahun 2020, dari Bencana Wabah hingga Berita Duka Pesohor Hiburan

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved