Breaking News:

Ramadhan 1441 H

Tradisi Sahur Bersama Para Hafiz Alquran di Aceh Singkil

Para hafiz ini merupakan anak-anak muda berusia belasan tahun. Menghafal Alquran di pesantren yang ada di Kabupaten itu.

Serambinews.com
Para hafiz makan sahur bersama usai khatam baca Alquran, di mushala Lorong IV Gosong Telaga Barat, Singkil Utara, Aceh Singkil, Jumat (8/5/2020). 

Laporan Dede Rosadi | Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Masyarakat Lorong IV Desa Gosong Talaga Barat, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil, memiliki tradisi unik mengisi ibadah pada bulan Ramadhan. Berupa sahur bersama dengan para hafiz alquran. 

Ritual keagamaan pada Ramadhan 1441 Hijriah kali ini digelar, Kamis (7/5/2020) malam hinga Jumat (8/5/2020). Kegiatan dimulai dengan shalat isya, tarawih berjamaah dan ceramah. 

Selanjutnya membaca Alquran secara bergantin hingga pukul 00.00 WIB. Setelah itu para hafiz berbagi membaca Alquran per juz, sehingga tepat pukul 03.00 WIB tuntas. 

Pada tradisi tadi malam yang ditutup dengan shalat subuh berjamaah, ada sekitar 30 hafiz bergabung sehingga tiap orang membaca kira-kira satu juz.

Para hafiz ini merupakan anak-anak muda berusia belasan tahun. Menghafal Alquran di pesantren yang tersebar di Kabupaten itu dan sebagian di luar daerah.

Saat  penghapal Alquran mengaji, para orang tua laki-laki dan ibu-ibu kebagian tugas menyiapkan kopi serta masak keperluan sahur. 

Setelah khatam baca Quran, para hafiz melakukan sahur bersama. 

Menu yang disajikan tentu saja istimewa. Ada dua ekor kari kambing serta makanan empat sehat lima sempurna lainnya.

"Sangat luar biasa, ini tradisi menjaga generasi penghafal Alquran," kata Ahmad Rivai Kepala Bappeda Aceh Singkil, yang ikut hadir bersama Kadis Perindagkop dan UKM Aceh Singkil, Faisal.(*)

Berikut Doa Setelah Shalat Tarawih dan Witir, Lengkap dengan Doa Kamilin dengan Latin dan Artinya

MA Batalkan Izin PT EMM, Kabulkan Kasasi Walhi Aceh

Masjidil Haram & Nabawi Akan Dibuka Kembali, Bagaimana Kepastian Haji 2020? Ini Penjelasan Kemenag

Brimob dan TNI Evakuasi 30 KK Korban Banjir di Ajuen Aceh Besar Pakai Perahu Karet 

Penulis: Dede Rosadi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved