Breaking News:

Donor Darah

Sasar Jamaah Tarawih, UDD PMI Aceh Utara Berhasil Kumpulkan Darah Ratusan Kantong

UDD PMI Aceh Utara saat ini melayani kebutuhan darah bagi pasien di 13 rumah sakit yang ada di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Penulis: Saiful Bahri
Editor: Taufik Hidayat
hand over dokumen pribadi
Humas UDD PMI Aceh Utara, Dr Fauzi MKomI 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Krisis stok darah ditengah pandemi covid-19 terus dialami Unit Donor Darah (UDD) PMI Aceh Utara. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, pihak UDD pun kini mulai menyasar para jamaah tarawih.

Dengan menggunakan mobil donor, mendatangi sejumlah masjid yang ramai jamaah tarawih secara bergantian. 

Aksi yang sudah dimulai sejak Rabu (29/4/2020) malam lalu itu pun telah berhasil mengumpulkan ratusan kantong darah.

Humas UDD PMI Aceh Utara, Dr Fauzi M Kom I, menjelaskan, sekarang ini pihaknya melayani kebutuhan darah bagi pasien di 13 rumah sakit yang ada di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Sehingga satu hari, pihaknya harus mengeluarkan minimal 20 kantong darah.

Kalau dimasa normal dulunya, kebutuhan darah banyak diperolah dari pendonor sukarela dan juga banyaknya kegiatan donor darah massal yang digelar sejumlah instansi.

"Namun dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, jumlah pendonor sukarela menurun drastis  dan yang gelar donor darah massal pun tidak ada lagi," ujarnya.

Jadi guna menutupi kebutuhan darah, maka pihaknya pun mulai mensasar jamaah tarawih di masjid-masjid. "Dalam dua pekan ini, kita ada kerahkan mobil donor ke Masjid Baiturrahman Lhokseumawe, Bujangsalim Aceh Utara, hingga ke Krueng Mane Aceh Utara. Alhamdulillah, kita telah mengumpulkan sebanyak 257 kantong darah," katanya.

Sehingga dipastikan kegiatan ini akan terus berlangsung hingga berakhir Ramadhan nantinya.

Fauzi mengharapkan agar masyarakat yang ingin mendonorkan darah tidak perlu ragu. Pihaknya tetap menjalankan protokol Covid-19. Petugas menggunakan APD lengkap.

"Jadi bagi warga yang ingin mendonor darah, kami juga tetap melayani di UDD yang terletak di samping Terminal Bus Cunda," demikian Fauzi.(*)

VIDEO - Banjir Genangi Kecamatan Makmur Bireuen, Satu Jembatan Terancam Ambruk

Viral Hendak Curi Singkong untuk Makan, Bapak ini Ketahuan Pemilik Kebun, Diberi Uang Rp 600 Ribu

Dayah RUMI Ajak Pelajar Aceh Jadi Santri Online

Universitas Columbia Kembangkan Lampu UVC Baru Pembunuh Virus Corona

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved