Breaking News:

Ramadhan 1441 H

Ini Cara Mengatasi Mulut Kering Saat Puasa yang Memicu Bau, Simak Penjelasan Dokter Gigi

Untungnya saat ini sedang di rumah saja akibat pandemi virus corona (covid-19) jadi tidak banyak ketemu orang saat bau mulut sedang tidak segar.

net
Ilustrasi 

Untungnya saat ini sedang di rumah saja akibat pandemi virus corona (covid-19) jadi tidak banyak ketemu orang saat bau mulut sedang tidak segar.

SERAMBINEWS.COM- Paling tak mengenakkan tercium bau mulut lawan bicara.

Apalagi saat melaksanakan puasa Ramadhan. Maka itu kesehatan gigi harus diutamakan juga.

Keluhan yang muncul saat berpuasa terutama yang membuat kepercayaan diri menurun adalah bau mulut.

Untungnya saat ini sedang di rumah saja akibat pandemi virus corona (covid-19) jadi tidak banyak ketemu orang saat bau mulut sedang tidak segar.

Drg. Anggi Pratiwi menjelaskan bau mulut saat berpuasa iini akibat mulut yang kering akibat tidak makan mau pun minum selama kurang lebih 14 jam.

Saat keadaan mulut kering itulah ada kuman yang menempel di gigi akibat bekas-bekas makanan bereaksi sehingga munculan aroma 'bau naga' dari mulut.

"Ketika mulut kering itu ada kuman. Jadi kuman itu berkembang biak dengan baik di saat mulut kita kering seperti itu makanya saat berpuasa kita ada sedikit bau," ungkap drg. Anggi saat diskusi online Listerine, Kamis (14/5/2020).

Kemudian faktor pemilihan makanan saat sahur juga sangat memengaruhi bau mulut terutama kalau mengonsumsi makanan dengan bau mencolok seperi pete atau jengkol.

Adapun saran dari dr. Anggi untuk mengilangkan bau mulut saat berpuasa yang pertama pastikan kebutuhan cairan terpenuhi dan makan makanan bergizi.

"Harus banyak minum air putih itu mempengaruhi banget banyak-banyak makan gizi yang berpengaruh biar gak bau mulut," kata drg. Anggi.

Kemudian tips penting yang tidak boleh dilupakan sehabis makan sahur dan berbuka segera menyikat gigi minimal 30 menit setelah makan.

Berikut Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Lengkap dengan Tata Cara Pelaksanaan di Rumah, Resmi dari MUI

Pasar Murah Disperindag Aceh Hari Ini Terakhir, Pemkab Adakan Hingga 21 Mei

Simak, Apa Beda Niat Zakat Fitrah bagi Diri Sendiri dan Keluarga? Berikut Bacaan Doa Lengkapnya

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mulut Kering Saat Puasa Picu Bau, Ini Penjelasan Dokter Gigi, 

Editor: Nur Nihayati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved