Berita Abdya

Pesawat Susi Air Terbang Tanpa Penumpang, Ini Penyebabnya

Pesawat Susi Air saat ini melayani penerbangan peristis bersubsidi rute Bandara Kualanamu Medan-Bandara Kuala Batu Abdya (PP), setiap hari Senin.

Serambinews.com
Pesawat maskapai Susi Air mendarat setiap dari Senin di Bandara Kuala Batu, Abdya setelah terbang melayani jasa penerbangan perintis yang disubsidi pemerintah dari Bandara Kualanamu, Sumut. Foto Direkam Desember 2019. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Pesawat maskapai penerbangan Susi Air terbang rute Bandara Kualanamu Medan-Bandara Kuala Batu, Susoh Aceh Barat Daya (Abdya) dan sebaliknya (PP) dalam keadaan kosong penumpang, Senin (18/5/2020) siang.

Penerbangan angkutan udara perintis rute Medan, Sumut-Blangpidie, Abdya, Senin siang tadi, merupakan terbang perdana, setelah Susi Air menghentikan sementara penerbangan sejak 27 April lalu 2020  dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. 

Kepala Dinas Perhubungan Abdya melalui Kabid Kebandar Udaraan dan Angkutan Udara, Zulkifli dihubungi Serambinews.com, menjelaskan, pesawat Susi Air terbang dalam keadaan kosong penumpang dari Bendara Kualanamu pukul 10.30 WIB, mendarat di Bandara Kuala Batu, Abdya pukul 11.45 WIB.

Pesawat Susi Air juga terbang kosong penumpang saat terbang kembali dari Bandara Kuala Batu, Abdya, pukul 11.55 WIB menuju Bandara Kualanamu, Medan.

“Susi Air tak ada penumpang PP Medan-Abdya hari ini karena merupakan terbang perdana setelah dihentikan sementara, selain dampak dari pandemi Covid-19,” kata Zulkifli.

Kendati penumpang kosong, menurut Kabid Kebandar Udaraan dan Angkutan Udara pada Dinas Perhubungan Abdya itu, pesawat Susi Air tetap melayani penerbangan perintis rute tersebut karena sudah disubsidi pemerintah melalui ikatan kontrak dengan Kementerian Perhubungan RI.

Keterangan diperoleh Serambinews.com, sebelum dihentikan sementara sejak 27 April lalu, pesawat Susi Air dengan kapasitas 12 tempat duduk itu juga beberapa kali terbang melayani jasa penerbangan rute Medan-Abdya (PP) dalam keadaan kosong penumpang.

Penyebabnya, di tengah pandemi Corona, serta jumlah warga yang masuk dan keluar Abdya melalui jalur udara sangat terbatas, kalau tidak mau disebut ada penumpang.     

Beberapa petugas dari Dinas Kesehatan Abdya sudah menunggu kedatangan pesawat Susi Air di Bandara Kuala Batu di Pulau Kayu, Susoh, Senin siang, tadi.

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved