Berita Bireuen

Puluhan Warga Desa Keude Jeunieb Unjuk Rasa ke Kantor Camat, Ini Tuntutannya

Warga meminta Camat Jeunieb, Yusri SSos untuk segera menetapkan Pj Keuchik agar roda pemerintahan desa berjalan.

Serambinews.com
Puluhan warga Desa Keude Jeunieb, Senin (18/05/2020) melakukan unjuk rasa ke Kantor Camat Jeunieb, meminta camat untuk segera mengeluarkan SK untuk Pjs kepala desa setempat. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM - Puluhan warga Desa Keude Jeunieb, Bireuen, laki-laki dan perempuan, Senin (18/05/2020) pagi mendatangani kantor Camat Jeunieb dengan membawa karton bertuliskan sejumlah tuntutan  meminta Pj kepala desa yang sudah ditetapkan tuha peut untuk segera dilantik.

Amatan Serambinews.com, aksi unjuk rasa berjalan tertip, ada sekitar 70 orang warga desa Keude Jeunieb, mereka mengusung sejumlah karton menuliskan beberapa tuntutan berdiri di halaman depan kantor camat setempat. 

Mereka meminta Camat Jeunieb, Yusri S Sos untuk segera menetapkan Pj Keuchik agar roda pemerintahan desa berjalan.

“Desa lain sedang menyalurkan Bantuan Tunai Langsung (BLT), desa kami tidak bisa karena tidak pimpinan desa,  begitu juga kegiatan lainnya macet, mohon pak camat untuk segera melantik Pjs yang sudah diusulkan tuha peut,” ujar beberapa kaum ibu dan bapak dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Ismail Ali (50) mantan Mukim Jeunieb yang ikut melakukan aksi unjuk rasa kepada Serambinews.com mengatakan,  tuha peut sudah empat kali mengajukan nama calon Pjs kepala desa karena kepala desa lama sudah habis masa jabatan sejak  6 Nopember 2019 lalu, namun semua yang diajukan awalnya akan diproses namun ujungnya harus dimusyawarah lagi.

“Ini pengajuan nama yang ke empat kali, tuha peut mengajukan sekcam sebagai Pjs Keuchik, namun dip roses, kami meminta agar segera di SK kan untuk menjalankan roda pemerintahan desa,” ujar Ismail Ali.

Usai berorasi di halaman kantor camat, sejumlah perwakilan warga diminta masuk ke ruangan camat, selain perwakilan juga hadir Koramil Jeunieb Kapten Inf M Nasir bersama anggotanya mengikuti penyampaian aspirasi warga kepada camat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Sejak 6 Nopember 2019 kepala Desa Keude Jeunieb, Kecamatan Jeunieb, Bireuen sampai Senin (18/05/2020) tanpa kepala desa atau pelaksana tugas setelah keuchik lama bernama Anwar sudah habis masa jabatannya untuk kedua kali.

Proses mencari dan menetapkan pelaksana sementara keuchik  untuk menjalankan roda pemerintahan desa  sudah dilakukan sejak Desember 2019 sampai Senin (18/05/2020) belum tuntas.

Sebelum adanya keuchik definitif masyarakat mengharapkan adanya pejabat sementara dengan mengusulkan beberapa nama mulai dari mantan keuchik, sekretaris desa, pejabat kantor camat dan terakhir Sekcam, namun SK untuk mereka belum keluar.(*)

Viral Video Anak Cukur Rambut Bapaknya sampai Botak, Si Bapak Nggak Bisa Marah dan Ditertawain Istri

Korban Hilang di Krueng Meureubo Aceh Barat Ditemukan Meninggal di Nagan Raya

Kisah Pria Diperkosa Istri Selama 10 Tahun, Dipaksa Bersetubuh Berkali-kali, Dicakar dan Ditonjok

Ganjar Mukti Bek Persiraja Banda Aceh Rindu Suasana Pertandingan pada Bulan Ramadhan

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved