Banjir Bandang Aceh Tengah

Reje Payatumpi Baru: Tidak Ada Lagi Korban Banjir Bandang yang Mengungsi

Idrus mengatakan, korban banjir yang sebelumnya mengungsi kini sudah pindah ke rumah-rumah yang disewakan oleh Pemkab Aceh Tengah.

hand over dokumen pribadi
Idrus Saputra, Reje Kampung Payatumpi Baru Aceh Tengah 

Laporan Fikar W Eda | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON - Reje Kampung Payatumpi Baru, Aceh Tengah, Idrus Saputra menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu meringankan beban  korban banjir bandang yang melanda kampung itu pada  13 Mai 2020 lalu.

"Kami mengucapkan terima kasih atas seluruh bantuan,dukungan dan perhatian yang diberikan kepada warga kami. Baik dari dalam daerah, luar daerah dan luar negeri. Alhamdulillah. Kami bersyukur mendapat begitu banyak perhatian," ujar Idrus Saputra.

Idrus juga menyampaikan, bahwa tidak ada lagi warga yang berada di tempat pengungsian, melainkan sudah pindah ke rumah-rumah yang disewakan oleh Pemkab Aceh Tengah.

"Saya laporkan, tidak ada lagi yang mengungsi. Semua warga yang jadi korban sudah dipindahkan ke rumah yang disewa khusus oleh Pemkab," ujar Idrus, Sabtu (30/5/2020).

Ia mengatakan, banjir bandang yang dialami Payatumpi Baru Kecamatan Kebayakan, menyebabkan enam rumah hilang dan delapan lainnya rusak berat dan rusak ringan. Banjir juga merusakkan beberapa fasilitas umum.

"Saat ini kami sedang memasuki peralihan dari darurat bencana ke pemulihan," ujar Idrus.

Hanya saja menurut Idrus, pihaknya belum memperoleh jadwal fase  tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi. Sehingga kegiatan rehab dan rekon bisa mulai dilaksanakan.

Menyikapi bencana banjir bandang yang melanda Aceh Tengah, menurut Idrus harus dipikirkan langkah penyelamatan untuk masa depan sehingga peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

"Kita harus berani menetapkan bahwa kawasan Pantan Terong, menjadi kawasan hutan lindung. Banjir bandang ini adalah efek dari rapuhnya kawasan Pantan Terong karena hutannya sudah jadi areal pertanian," kata Idrus.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar pertemuan membahas formula penyelamatan kampung-kampung dari banjir bandang dan tanah longsor.

"Formula itu nanti kita sarankan kepada pemerintah untuk mengambil kebijakan," demikian Reje Idrus Saputra.(*)

Kapolres Lhokseumawe Evakuasi Korban Lakalantas di Jalan Medan-Banda Aceh

Jaga Protokol Kesehatan, Wali Kota Banda Aceh Minta Warga Waspada Terhadap OTG

OTG asal Banda Aceh yang Positif Corona Dites Swab 2 Kali, 26 Mei Hasilnya Negatif, Esoknya Positif

Bongkar Celengan dari Tabung Gas, Keluarga Ini Kumpulkan Rp 8 Juta Uang Koin Hasil Menabung 5 Tahun

Heboh! Gerombolan Monyet Curi Sampel Darah Pasien Covid-19 dari Laboratorium Pengujian

Imam Besar Masjid Al-Aqsa Ditangkap oleh Keamanan Israel

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved