Breaking News:

Update Corona di Aceh Tamiang

Posko Bersama Ditutup, Aceh Tamiang Andalkan Check Point di Perbatasan

Koordinator lapangan posko bersama, Syuibun Anwar mejelaskan penutupan ini didasari surat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Tamian

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Petugas di posko perbatasan Aceh Tamiang mengarahkan bus umum kembali ke Sumatera Utara. 

Laporan Rahmad Wiguna I Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang menutup sementara posko bersama yang didirikan di Terminal Kualasimpang.

Koordinator lapangan posko bersama, Syuibun Anwar mejelaskan penutupan ini didasari surat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang, Mursil yang diterbitkan pada 28 Mei 2020.

Posko ini sendiri sebelumnya didirikan atas penetapan status tanggap darurat untuk penanganan Covid-19 terhitung 31 Maret 2020 sampai 29 Mei 2020.

“Posko bersama ditutup untuk sementara karena SK dari Gugus Tugas Covid-19 sudah berakhir,” kata Syuibun, Senin (1/6/2020).

Dia mengatakan penutupan ini tidak lantas membuat pengawasan Covid-19 di Aceh Tamiang tidak berjalan sesuai imbauan pemerintah.

Justru kata dia, pengawasan saat ini dilakukan lebih ketat karena sudah melibatkan tim provinsi yang mendirikan posko check point di perbatasan.

“Pentupan posko bersama ini juga berkaitan dengan adanya posko check poin di perbatasan yang menerapkan kebijakan lebih tegas,” kata dia.

Menurutnya penyekatan yang dilakukan di perbatasan membuat fungsi posko bersama tidak berjalan.

Pasalnya petugas di perbatasan menutup rapat akses masuk bus umum dan memberi persyaratan bagi kendaraan pribadi yang akan masuk ke Aceh.

Masuki Hari Ke-8 Sejak Diumumkan, Lhokseumawe Catat Nol ODP dan Nol PDP

Mulai Malam Ini, Petugas Gabungan Siaga di Kafe & Tempat Wisata, Ini Penjelasan Walikota Lhokseumawe

Akar Pohon Cemara di Kuala Gabi Mendadak Viral, Warga Aceh Singkil Sewa Perahu Agar Bisa Berswafoto

“Sekarang ini bus umum dilarang masuk ke Aceh, jadi keberadaan posko bersama di terminal menjadi tidak berfungsi karena sudah ditangani di perbatasan,” lanjutnya.

Meski begitu, Syuibun yang juga Kadis Perhubungan Aceh Tamiang mengatakan ke depannya tidak tertutup kemungkinan posko bersama di terminal ini akan dibuka kembali.

Kebijakan ini sendiri tidak terlepas dari kebijakan Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh yang akan membuka akses jalur masuk ke Aceh pada 5 Juni nanti.

“Saat ini kita mengandalkan check point di perbatasan untuk mengawasi aktivitas orang masuk. Tapi bila nantinya ditutup, posko bersama akan dibuka kembali bila memang dibutuhkan,” jelasnya.(*)

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved