Breaking News:

Konflik AS dan Cina

AS Akan Larang Maskapai Cina Masuk Wilayahnya pada Pertengahan Juni

Larangan terbang itu diperkirakan mulai berlaku pada 16 Juni. “Hanya kepastian tanggalnya bisa diubah Trump bisa lebih cepat,”

Editor: Eddy Fitriadi
AFP/CHIP SOMODEVILLA / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Presiden AS, Donald Trump menggelar konferensi pers tentang perkembangan virus Corona sebelum terbang dari Gedung Putih, Washington, menuju Phoenix, Arixona, Selasa (5/5/2020). 

SERAMBINEWS.COM - Pemerintahan Presiden Donald Trump berencana  melarang maskapai penerbangan Tiongkok terbang ke Amerika Serikat (AS) mulai pertengahan Juni. 

Ini demi menekan Beijing agar mengizinkan maskapai penerbangan AS  untuk melanjutkan penerbangan.

Tiga pejabat AS dan maskapai penerbangan kepada Reuters, Rabu (3/6/2020) waktu setempat mengatakan, keputusan ini akan diumumkan pada Rabu atau Kamis waktu Indonesia.

Keputusan ini untuk menghukum Tiongkok setelah Beijing gagal mematuhi perjanjian  tentang penerbangan antara dua ekonomi terbesar dunia.

Hubungan antara kedua negara juga memburuk dalam beberapa bulan terakhir di tengah meningkatnya ketegangan yang terpicu  pandemi corona.

Larangan terbang itu diperkirakan mulai berlaku pada 16 Juni. “Hanya kepastian tanggalnya bisa diubah Trump bisa lebih cepat,”  sumber Reuters yang minta namanya tak disebutkan, Rabu (3/6/2020).

Delta Air Lines (N: DAL) dan United Airlines (O: UAL) telah meminta izin untuk melanjutkan penerbangan ke Cina bulan ini, bahkan ketika maskapai penerbangan Cina melanjutkan penerbangan AS selama pandemi.

Permintaan izin terbang ini, kata sumber Reuters, untuk  Air China, China Eastern Airlines (NYSE: CEA) Corp, China Southern Airlines Co  dan Hainan Airlines Holding Co.

Gedung Putih dan Departemen Transportasi menolak mengomentari masalah ini. Pun, kedutaan Cina di Washington juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pemerintahan Trump pada 22 Mei menuduh pemerintah Cina telah melarang maskapai penerbangan AS untuk melanjutkan layanan ke Cina dan memerintahkan empat maskapai penerbangan Cina untuk mengajukan jadwal penerbangan dengan pemerintah AS.

Pemerintah AS juga menghalangi penerbangan charter maskapai penumpang Tiongkok dan akan memperingatkan operator untuk tidak mengharapkan persetujuan terbang.

Padahal, sebelumnya, pejabat AS menyarankan penerbangan charter digunakan untuk menghindari batasan pemerintah Cina dalam penerbangan.

Pada 31 Januari, pemerintah AS melarang masuknya sebagian besar warga non-AS yang telah berada di Cina selama 14 hari karena krisis corona,  tetapi tidak memberlakukan pembatasan apa pun pada penerbangan Cina.

Operator-operator utama penerbangan  AS secara sukarela memutuskan untuk menghentikan semua penerbangan penumpang ke Cina pada bulan Februari.(*)

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul ‘Pemerintahan AS akan larang maskapai China masuk AS pada pertengahan Juni'

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved