Breaking News:

Museum Tsunami Akan Buka Kembali  

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dalam waktu dekat akan membuka kembali Museum Tsunami dan Museum Aceh di Banda Aceh

FOR SERAMBINEWS.COM
Museum Tsunami Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Pasca Covid 19, Pariwisata Banda Aceh Siap Menjadi Tujuan Wisata Dunia, https://aceh.tribunnews.com/2020/04/18/pasca-covid-19-pariwisata-banda-aceh-siap-menjadi-tujuan-wisata-dunia. Editor: Nur Nihayati 

BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dalam waktu dekat akan membuka kembali Museum Tsunami dan Museum Aceh di Banda Aceh. Upaya tersebut untuk membangkitkan kembali pariwisata di Aceh yang sudah terhenti sejak Maret lalu akibat meluasnya wabah virus Corona (Covid-19).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin SE MSi kepada Serambi, Rabu (3/6/2020) seusai menerima kunjungan Asisten II Setda Aceh, H T Ahmad Dadek. "Pariwisata Aceh akan kita hidupkan kembali secara bertahap. Salah satunya dengan membuka Museum Aceh dan Museum Tsunami kembali untuk masyarakat lokal dan luar negeri," ujarnya.

Jamaluddin menegaskan, operasional spot wisata di Aceh ke depan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang sudah diaplikasikan di kantor-kantor pemerintah. "Penerapan awalnya akan dilakukan lebih dulu di Museum Aceh dan Museum Tsunami," katanya lagi.

Dijelaskan, sebelum dua lokasi wisata sejarah itu dibuka untuk umum, pegawai dan petugas yang bekerja di sana akan lebih dulu di-briefing dan melakukan simulasi agar lebih siap menyambut tamu dengan SOP khusus. "Kita akan jalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan menjaga jarak 1 meter. Ini menjadi tanggung jawab pengelola lokasi wisata," ujarnya.

Dia juga mengatakan, ada beberapa daerah di Aceh yang sudah duluan membuka lokasi wisatanya, misalnya Kota langsa. Pemerintah Kota Langsa pasca lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, sudah membuka lokasi wisata hutan bakau yang berada di dekat Pelabuhan Kuala Langsa dan beberapa lokasi wisata lain nya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin SE MSi menambahkan, untuk pengunjung Museum Tsunami dan Museum Aceh dari luar daerah, pihaknya mewajibkan adanya surat hasil rapid test yang menyatakan negatif Corona. Di samping itu, seluruh pengunjung wajib memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak. "Tapi untuk pengunjung dari wilayah Aceh tidak perlu surat bebas Covid-19," jelasnya.

Selain itu, khusus untuk orang asing yang ingin berkunjung ke spot wisata Aceh, juga harus memiliki surat keterangan hasil tes swab RT PCR. "Surat itu wajib dimiliki orang dari luar negeri, karena virus Corona yang masuk ke Aceh pada umumnya dari luar," pungkasnya.(her) 

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved