Breaking News:

Hina Plt Gubernur Aceh dan Wapres, Akun Facebook Davit Toreto dan 92 Akun Lain Dilaporkan ke Polda

Akun-akun tersebut telah melakukan penghinaan terhadap simbol Negara, yaitu kepada Plt Gubernur Aceh dan Wakil Presiden RI

Penulis: Yocerizal | Editor: Yocerizal
Serambinews.com
Warga Banda Aceh, Zulkarnaini, didampingi Koalisi NGO HAM Aceh, melaporkan akun Davit Toreto dan 92 akun Facebook lainnya karena telah menghina dan mencemarkan nama baik Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, Jumat (5/6/2020). 

Hina Plt Gubernur Aceh dan Wapres, Akun Facebook Davit Toreto dan 92 Akun Lain Dilaporkan ke Polda

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 93 akun Facebook dilaporkan ke Polda Aceh, Jumat (5/6/2020), karena telah menghina dan mencemarkan nama baik Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin.

Pelaporan itu dilakukan oleh warga Banda Aceh, Zulkarnaini, didampingi Koalisi NGO HAM Aceh selaku kuasa hukum pelapor.

Direktur Koalisi NGO HAM, Zulfikar Muhammad, kepada Serambinews.com, menjelaskan, penghinaan terhadap Nova Iriansyah dan KH Ma'ruf Amin sudah sangat di luar batas.

"Laporan ini kami sampaikan sebagai bentuk pendidikan publik dalam menggunakan jejaring media sosial dan untuk memberikan efek jera," kata Zulfikar.

Ia menjelaskan, penghinaan itu diawali dari postingan akun Facebook Davit Toreto pada tanggal tanggal 2 Juni 2020 pukul 21.57 WIB.

Dalam postingannya, lanjut Zulfikar, Davit Toreto mengedit gambar Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dengan menambahkan logo PKI pada peci dan baju dinas yang dikenakan.

Hari Ini Genap 53 Tahun Perang Arab-Israel Meletus, Peristiwa yang Menyedihkan Bagi Bangsa Arab

AS Minta China Hormati HAM, Tapi Polisi di Amerika Justru Gunakan Kekerasan saat Hadapi Demonstran

Tiga Warga Minta Maaf ke Polisi, Terkait Ujaran Kebencian di Facebook

Selain itu, di bawahnya juga disertakan juga gambar hewan, gambar KH Ma'ruf Amin yang juga Wakil Presiden RI, disertai kalimat yang sangat tidak pantas.

“Hingga 4 Juni 2020 pukul 16.00 WIB, postingan Davit Toreto telah dibagikan oleh 92 akun Facebook lainnya,” sebut Zulfikar.

Artinya lanjut dia, tindakan mendistribusikan postingan tersebut dianggap secara bersama-sama melakukan tindak pidana dan pelanggaran terhadap ketentuan Pasal 134, 207, 208 KUHP dan Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang ITE.

Oleh karena itu, Zulfikar menilai, Polisi harus sesegera mungkin melakukan proses hukum untuk mencegah penyebaran yang meluas.

“Akun-akun tersebut telah melakukan penghinaan terhadap simbol Negara, yaitu Plt Gubernur Aceh sebagai Pejabat Pemerintah di Aceh dan Ma’ruf Amin sebagai pejabat Pemerintah di Pusat,” tegas Direktur Koalisi NGO HAM Aceh ini.(*)

Surat bukti lapor warga Banda Aceh ke Polda Aceh terhadap 93 akun Facebook atas dugaan pencemaran nama baik dan penghinaan terhadap Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, Jumat (5/6/2020).
Surat bukti lapor warga Banda Aceh ke Polda Aceh terhadap 93 akun Facebook atas dugaan pencemaran nama baik dan penghinaan terhadap Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, Jumat (5/6/2020). (Serambinews.com)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved