Breaking News:

Update Corona di Aceh Timur

Hasil Swab Pertama Pasien Positif Covid-19 Setelah Dirawat di RSUD Aceh Timur Negatif

“Alhamdulillah hasil pemeriksaan swab pertama terhadap pasien setelah dirawat petugas medis di RSUD dr Zubir Mahmud negatif. Namun, sesuai protokol...

Penulis: Seni Hendri | Editor: Nurul Hayati
Dok: RSUD dr Zubir Mahmud Aceh Timur.
Pasien positif Covid-19 rujukan dari RSUD Aceh Tamiang dirawat di ruang isolasi RSUD dr Zubir Mahmud Aceh Timur, Minggu (7/6/2020). 

“Alhamdulillah hasil pemeriksaan swab pertama terhadap pasien setelah dirawat petugas medis di RSUD dr Zubir Mahmud negatif. Namun, sesuai protokol kesehatan, kita tetap harus menunggu hasil pemeriksaan swab kedua yang saat ini sedang diperiksa di Balai Litbangkes Aceh,” jelas dr Edi Gunawan.

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Hasil pemeriksaan swab pertama pasien positif terjangkit virus corona (Covid-19) asal Aceh Tamiang M (51) yang dirawat di RSUD dr Zubir Mahmud Aceh Timur, dinyatakan negatif.

Hal itu disampaikan oleh Direktur RSUD dr Zubir Mahmud, Aceh Timur, dr Edi Gunawan, yang juga Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Aceh Timur, Rabu (10/6/2020).

“Alhamdulillah hasil pemeriksaan swab pertama terhadap pasien setelah dirawat petugas medis di RSUD dr Zubir Mahmud negatif. Namun, sesuai protokol kesehatan, kita tetap harus menunggu hasil pemeriksaan swab kedua yang saat ini sedang diperiksa di Balai Litbangkes Aceh,” jelas dr Edi Gunawan.

“Jika hasil pemeriksaan swab kedua dinyatakan negatif, maka si pasien dinyatakan sembuh dan sudah bisa dipulangkan,” tukas mantan Direktur RSUD Peureulak ini, seraya menyebutkan hasil pemeriksaan swab pertama itu keluarnya Selasa 9 Juni kemarin.

Sedangkan pasien positif corona asal Aceh Tamiang itu, dirujuk dari RSUD Aceh Tamiang, dan masuk ke RSUD dr Zubir Mahmud, Aceh Timur, Minggu 7 Juni 2020.

 Hasil ini, katanya, sangat melegakan.

Keruk Kekayaan Natuna Sambil Dijaga Coast Guard China, Nelayan Asing Ini Ditempel Ketat Kapal TNI AL

Karena itu, ia mengimbau masyarakat tidak perlu panik dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sesuai protokol kesehatan, jelas dr Edi, petugas medis yang merawat pasien positif terjangkit virus corona, maka harus melakukan karantina mandiri.

Mereka diinapkan di guest host yang telah ditentukan Pemkab Aceh Timur.

Karena, jelas dr Edi, meski mereka menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dan kecil kemungkinan terpapar, tapi mereka kontak langsung dengan si pasien positif.

Karena itu, mereka akan di-rapid test pada hari ke-7 dan ke-10 sejak hari pertama kontak dengan si pasien.

“Apabila hasil rapid test non reaktif, artinya mereka aman,” imbuh dr Edi. (*)

Terkait Kasus Bimtek Dana Desa di Aceh Tenggara, Kepala Desa tak Hadiri Panggilan Jaksa 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved