Breaking News:

Tips Otomotif

Mengganti Oli dalam Keadaan Mesin Panas, Bolehkah? Simak Penjelasannya Agar Motor Sehat

Masih ada sebagian dari kita memilih menganti oli kendaraan di rumah, tanpa menunggu mesin dingin karena buru-buru langsung membuka penutup oli.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Safriadi Syahbuddin
GridOto
Menganti oli dalam keadaan mesin panas, selain merusak mesin motor, tindakan itu juga berbahaya bagi keselamat pemilik motor. 

SERAMBINEWS.COM - Apakah Anda sering mengganti oli sepeda motor dalam keadaan mesin panas?

Sebaiknya Anda harus berpikir ulang jika masih melakukan pergantian oli dalam mesin keadaan panas.

Karena ada beberapa efek negatif pada mesin yang bisa memicu kerusakan pada komponen mesin kendaraan Anda.

Masih ada sebagian dari kita memilih menganti oli kendaraan di rumah, tanpa menunggu mesin dingin karena buru-buru langsung membuka penutup oli dan menggantinya dengan oli baru.

Seperti dikutip pada GridOto, mengganti oli dalam keadaan mesin panas, selain merusak mesin motor, tindakan itu juga berbahaya bagi keselamatan pemilik motor.

“Apabila terkena tangan, oli mesin dalam kondisi panas bisa menimbulkan luka bakar dan iritasi bagi kulit,” jawab Oki Aditiawan, mekanik dari Jakarta Selatan, seperti dikutip pada GridOto, Kamis (18/6/2020).

Tips Merawat Sepeda Motor Tanpa Engkol agar Tidak Mogok dan Tidak Mudah Rusak

Tips Cegah Karat di Motor, Lakukan Ini sebelum Anda Menyesal

Mengganti oli dalam keadaan panas sangat berbahaya, karena selain bisa menyebabkan luka bakar, bisa juga terjadi iritasi kulit karena bahan kimia yang terkandung dalam oli.

Mengganti oli di rumah dengan alat seadanya tentu lebih rentan terhadap terkena oli, terlebih jika Anda hanya memiliki beberapa kunci untuk membuka penutup oli tanpa ada alat keamanan lain.

Pun jika Anda ingin mengganti oli sendiri di rumah, sebaiknya tunggu mesin kendaraan Anda benar-benar dingin atau hangat-hangat kuku, agar menjaga keselamatan Anda dan merawat mesin kendaraan.

“Saat panas tentu ada pemuaian antar komponen besi di mesin, sehingga antara baut dan drat untuk buang oli berisiko slek atau bahkan patah saat ingin dibuka dalam kondisi panas,” tambahnya.

Lebih berhati-hati menganti oli dalam keadaan mesin panas, karena sangat rentan mesin rusak terutama saat melepaskan baut.

Karena jika baut patah, atau mengalami kerusakan, maka biaya untuk memperbaikinya lebih besar daripada biaya mengganti oli pada bengkel.

Tips Merawat Motor agar Tetap Awet dan Biaya Ramah di Kantong

Capella Honda Berbagi Tips Naik Motor

Selain itu, oli yang Anda keluarkan dari mesin tidak sepenuhnya bersih, karena oli masih menyebar pada komponen mesin karena belum mengendap pada bagian bawah sepenuhnya.

“Paling tepat saat mesin dalam kondisi hangat, sebab kalau masih dingin oli mesin juga bakal lama turun karena agak kental kondisinya,” lengkap Oki.

Nah, tidak masalah jika Anda menganti oli sendiri di rumah, namun tetap perhatikan kondisi mesin, Anda harus bersabar sejenak.

Jangan pulang-pulang ke rumah, Anda langsung melepas baut oli, bisa berbahaya bagi Anda sendiri serta tidak baik untuk kendaraaan Anda. ( Serambinews.com/Syamsul Azman)

Begini Cara Menghilangkan dan Menetralkan Bau Tumpahan Susu dari Interior Mobil

VIDEO - Viral Makam Keluarga di Pinggir Jalan, Warga Tak Komplain

Gerhana Matahari 21 Juni 2020, Berikut Tata Cara Shalat Khusuf, Bolehkah Dilaksanakan Sendirian?

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved