Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Lima Pencari Getah Nyaris Dimangsa Harimau, Selamat Setelah Bertahan di Atas Pohon Selama Tiga Jam

Kelima pencari getah damar ini dikejutkan dengan kemunculan seekor harimau yang diperkirakan berjenis kelamin jantan.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Taufik Hidayat
Dok Polsek
Empat dari lima pencari getah berada di rumah perangkat MDSK setelah sempat terjebak di pohon selama tiga jam akibat kemunculan harimau di hutan Tenggulun, Aceh Tamiang, Kamis (18/6/2020) malam. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Lima pencari getah nyaris menjadi santapan harimau setelah berpapasan dengan hewan predator itu di kawasan hutan Tenggulun, Aceh Tamiang, Kamis (18/6/2020) malam.

Kelimanya Roy Mansyah (37), Ahyar Madani (29), Edo Pratama (28), Agung Prasetyo (24) dan Edi Prawoto (48) yang seluruhnya merupakan penduduk Sukamulia II, Kampung Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang.

Kapolsek Kejuruan Muda Iptu Hendra Sukmana menjelaskan, awalnya kelima orang itu berangkat ke hutan untuk mencari getah damar dengan mengendari sepeda motor, Kamis (18/6/2020) sekira pukul 12.00 WIB.

Menurut keterangan kelimanya kepada petugas, proses pencarian getah berjalan lancar sehingga bisa diselesaikan sekira pukul 17.30 WIB. Namun ketika mereka berjalan kaki mengambil sepeda motor untuk pulang, mereka dikejutkan dengan kemunculan seekor harimau yang diprediksi berjenis kelamin jantan.

“Harimau itu berjarak sekitar 30 meter. Sempat bersembunyi tapi harimau itu terus mendekat,” kata Hendra, Jumat (19/6/2020).

Informasi lain menyebutkan kelima pencari getah ini sempat mengusir harimau itu dengan cara melempar batu dan kayu. Usaha ini juga tidak membuahkan hasil, justru hewan buas itu semakin mendekat.

Sadar upayanya tidak membuahkan hasil, kelimanya pun memutuskan untuk memanjat pohon.

“Harimau itu tetap menunggu. Kemudian salah satu warga menghubungi perangkat kampung menggunakan handphone yang selanjutnya diteruskan kepada kami,” ungkap Hendra.

Proses evakuasi ini sendiri melibatkan banyak orang dengan membawa petasan. Tim evakuasi mengaku sempat melihat keberadaan harimau itu di dekat pohon yang dipanjat. Suara petasan yang dibunyikan tim evakuasi ternyata berhasil menakuti harimau itu yang kemudian memilih kabur ke dalam hutan.

“Evakuasi berhasil dilakukan sekira pukul 20.30 WIB, selanjutnya mereka dibawa ke rumah perangkat MDSK untuk diberi minum dan makan,” lanjut Hendra.

Lebih lanjut dia menjelaskan lokasi kemunculan harimau itu merupakan perbatasan hutan Tenggulun dengan perkebunan HGU PT Sinar Jaya yang berdiri di Dusun Adilmakmur II, Tenggulun, Aceh Tamiang.

Hendra menekankan agar kehadrian harimau itu tidak disikapi dengan cara-cara kekerasan yang bisa membuat hewan lindung itu mati dibunuh.(*)

VIDEO - Kisah Penghulu yang Nikahkan Mantan Istrinya di KUA

Bikin Haru! Video Viral Driver Ladyjek Dapat Kejutan Ulang Tahun ‘Ibu Hebat’, Ini Kisah di Baliknya

Gerhana Matahari 21 Juni 2020, Begini Tata Cara Shalat Kusuf di Tengah Pandemi Corona

Aliansi Pemuda Aceh Jakarta Dukung DPRA Gugat Tapal Batas Aceh dan Sumut

Tgk Agam Ajak Masyarakat Tetap Waspada dan Terapkan Protokol Kesehatan  

Khawatir Pasir Mainan Dimakan Anak-anak, Gunakan Bahan Ini untuk Buat Sendiri, Aman Bila Dikonsumsi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved