Breaking News:

Tips Otomotif

Oli Mesin Rembes, Jangan Sepelekan Karena Akibatnya Bisa Fatal

Sebenarnya oli bukan hanya sebagai pelumas mesin, lebih dari itu oli juga sebagai pendingin mesin sehingga mesin tidak terlalu panas dan cepat dingin.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Zaenal
GridOto
Oli rembes ini cukup menganggu pengguna kendaraan, bahkan bisa berbahaya bagi mesin. 

SERAMBINEWS.COM - Mesin baik motor atau mobil membutuhkan oli agar bisa bekerja maksimal, pelumasan mesin ini dibutuhkan agar mesin bisa optimal.

Sebenarnya oli bukan hanya sebagai pelumas mesin, lebih dari itu oli juga sebagai pendingin mesin sehingga mesin tidak terlalu panas dan cepat dingin ketika mesin dimatikan.

Pabrikan mengeluarkan mesin dengan berbagai kapasitas oli yang bisa digunakan mesin.

Keluaran mesin dari pabrikan sudah tentunya melalui berbagai pengecekan dan sudah benar-benar dicek kualitas sebelum dipasarkan.

Namun, karena penggunaan mesin yang cukup lama, baik mesin mobil atau mobil, sering terjadi masalah yakni oli merembes.

Yang paling umum ditemukan pada oli rembes yakni bekas oli rembes ini akan membuat mesin menjadi kotor atau menghitam karena oli tersebut.
Yang paling umum ditemukan pada oli rembes yakni bekas oli rembes ini akan membuat mesin menjadi kotor atau menghitam karena oli tersebut. (GridOto)

Tips Merawat Sepeda Motor Tanpa Engkol agar Tidak Mogok dan Tidak Mudah Rusak

Tips Cegah Karat di Motor, Lakukan Ini sebelum Anda Menyesal

Tentunya oli rembes ini cukup menganggu pengguna kendaraan, bahkan bisa berbahaya bagi mesin.

Yang paling umum ditemukan pada oli rembes yakni bekas oli rembes ini akan membuat mesin menjadi kotor atau menghitam karena oli tersebut.

Mengutip dari GridOto, oli rembes bila dibiarkan, maka akan menimbulkan masalah baru yang lebih buat masalah pada mesin.

"Sering kali banyak pemilik mobil mendiamkan oli mesin yang rembes karena mengganggap hal tersebut tidak berpengaruh, padahal anggapan ini salah," jelas Agus Woles, salah satu kepala mekanik di kawasan Bekasi Barat seperti dikutip pada GridOto.

"Oli mesin yang rembes dan didiamkan akan membuat mesin kekurangan oli," tambahnya.

Membiarkan oli rembes sama saja Anda membiarkan oli di mesin keluar perlahan-lahan.

Bahkan, bukan tidak mungkin oli dalam mesin bisa menjadi kering, bahayanya jika oli kering selain mesin menjadi tidak optimal, mesin juga bisa rusak karena komponen dalam mesin tidak ada pelumas.

Viral, Wahana Kolam Renang Bangkut Akibat Pandemi Covid-19, Kini Beralih Jadi Kolam Lele

Viral Anak Temukan Surat Cinta Ibunya, Alasan tak Menikah Meski Suami Telah Meninggal 21 Tahun

Jika Anda sering melihat motor atau mobil mengeluarkan asap yang tidak semestinya ada asap, maka itu besar kemungkinan karena pemilik kendaraan membiarkan oli merembes atau karena tidak menganti oli sampai kering.

Akibat lain dari oli rembes ini pada komponen mesin seperti piston, noken as, setang piston sampai kruk as kekurangan oli mesin.

Sehingga, ketika komponen dalam mesin itu bekerja, jika tidak ada pelumas, gesekan pada komponen itu akan semakin besar serta panas yang dihasilkan akan semakin tinggi.

"Ada baiknya kalau dilihat ada oli mesin yang rembes segera perbaiki agar tidak fatal bagi mesin dan bisa keluar uang jutaan rupiah untuk perbaikan," tutup Agus.

Maka membiarkan oli rembes bisa berakibat fatal bagi kendaraan Anda, sebaiknya jika melihat oli rembes, segera lakukan pengecekan.

Agar terhindar dari biaya lebih besar bila mesin sempat rusak duluan karena dipaksa bawa jalan dalam kondisi tidak sehat. (Serambinews.com/Syamsul Azman)

2019 ke Luar Penjara, Residivis Ditangkap Kembali Polres Pidie, Sembunyikan Sabu di Celana Dalam

Rumahnya Diserbu John Kei Hingga Tibulkan Korban, Ternyata Nus Kei Bukan Orang Biasa

Banyak Masalah dan Bikin Tagihan Naik, PLN Masih Akan Tetap Pakai Cara Ini Buat Catat Meter Rekening

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved