Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

Antisipasi Karhutla, Kodim 0110/Abdya Latih Penanggulangan Bencana    

Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar latihan gladi posko penanggulangan bencana dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan...

For Serambinews.com
Danrem 012/ Teuku Umar, Kolonel Inf Djon Apriandi SIP MSDA berbincang dengan bersama awak media, Rabu (24/6/2020) sore di Makodim Abdya. 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar latihan gladi posko penanggulangan bencana dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Rabu (24/6/2020) di Aula Makodim setempat, Jalan Bukit Hijau, Desa Keude Paya, Blangpidie.

Kegiatan ini digelar selama tiga hari dimulai 24 Juni sampai dengan 26 Juni 2020. Gladi posko dilakukan sebagai upaya menyiapkan unsur yang ada pada penanganan bencana alam khususnya Karhutla.

Danrem 012/Teuku Umar, Kolonel Inf Djon Afriandi SIP MSDA mengatakan, meski Abdya masih termasuk daerah yang aman dari kebakaran hutan dan lahan, namun latihan itu perlu dilakukan dalam rangka melatih pasukan TNI, sehingga lebih siap sewaktu-waktu terjadi bencana tersebut.

"Meski Abdya bukan daerah rawan, tapi latihan ini untuk kesiapan kita berlatih, sehingga bisa diantisipasi dan skalanya juga sangat kecil bila dibandingkan dengan daerah lainnya," ujar Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Djon Afriandi SIP MSDA kepada awak media didampingi Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has ST MT dan pejabat korem lainnya, Rabu (24/6/2020) sore.

Maka dari itu, katanya, pihaknya menempatkan Abdya sebagai salah satu lokasi untuk dilakukan gladi posko penanggulangan bencana. Selain Abdya, awal 2020 pihaknya juga telah melakukan kegiatan yang sama di Kodim Subulussalam dan Kodim Aceh Selatan.

Wakil Ketua Komisi X, Penyelenggaraan UTBK-SBMPTN Banyak Kendala, Harus Ada Opsi Lain  

"Kunci keberhasilan penanggulangan bencana yakni pola koordinasi yang bagus, persamaan prosedur, penanganan dengan instansi terkait termasuk dengan pemerintah setempat. Sehingga penanggulangannya akan berjalan secara bersama," ungkap Kolonel Djon Afriandi.

Dalam kegiatan ini, lanjut Danrem Djon Afriandi, ketrampilan dan pengetahuan para prajurit yang akan bertugas dalam penanganan bencana ini khususnya Kodim 0110/Abdya, harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan agar memiliki kualitas prajurit yang profesional, mulai dari staf sampai dengan komandannya sebagai unsur pimpinan dalam kegiatan tersebut.

"Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan gladi ini untuk menguasai dan mahir dalam melaksanakan prosedur hubungan kerja antara Komandan dan staf di satuan Kodim 0110/Abdya," tuturnya.

Disamping itu, Danrem juga meminta segenap jajaran TNI di Kodim 0110/Abdya tetap harus berdampingan dengan instansi terkait dalam penanganan bencana, walaupun sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) di daerah tersebut.

"TNI itu memang harus siap segala medan untuk menjalani perintah atasan. Penanganan karhutla, selain merupakan tugas pemerintah sebagai garda terdepan, TNI juga harus siap membantu dalam situasi apapun," demikian tandasnya.

Secara singkat Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has ST MT menyebutkan bahwa dalam gladi posko ini, pihaknya juga melibatkan instansi Kepolisian, Satpol PP, Tagana, SAR, RAPI dan Dishub setempat.(*)

RSU Calang Anjurkan Ayu Anak Yatim-piatu yang Bocor Usus Rujuk ke Banda Aceh

Berlinang Air Mata, Pria Ini Terharu Lihat Daftar Makanan Sederhana yang Diinginkan Anak Yatim Piatu

KSM Perbaiki Kerusakan IPAL di Rumah Apung Kuala Bubon, Terkait Keluhan Bau Kotoran Manusia

 

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved