Breaking News:

Tgk Sirajuddin Saman, Pimpinan Dayah Tradisional di Aceh Besar Raih Gelar Doktor di UIN Ar-Raniry

Tgk Sirajuddin meraih gelar Doktor program S3 Studi Pendidikan Agama Islam di Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh.

Editor: Zaenal
Foto kiriman Teuku Zulkhairi
Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar, Gampong Deunong Kec. Darul Imarah Aceh Besar, Teungku Sirajuddin Saman (tengah) berfoto bersama sejawatnya setelah sidang terbuka disertasi di Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Jumat 26 Juni 2020. Tgk Sirajuddin meraih gelar Doktor program S3 Studi Pendidikan Agama Islam di Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Satu lagi pimpinan dayah tradisional di Aceh me raih gelar doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Beliau adalah Teungku Sirajuddin Saman, Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar, sebuah dayah tradisional berlokasi di  Gampong Deunong Kec. Darul Imarah Aceh Besar.

Tgk Sirajuddin meraih gelar Doktor program S3 Studi Pendidikan Agama Islam di Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh.

“Keberhasilan meraih gelar Doktor ini setelah Teungku Sirajuddin dinyatakan lulus dalam sidang terbuka disertasi yang diselenggarakan di Lantai Tiga Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Jumat, 26 Juni 2020,” tulis Teuku Zulkhairi, aktivis santri Aceh yang juga dosen UIN Ar-Raniry dalam pesan WhatsApp kepada Serambinews.com malam ini.

Zulkhairi mengatakan, Teungku Sirajuddin menulis disertasi dengan judul “Kontribusi Ma’had Aly dalam Peningkatan Wawasan Keislaman, Studi Komparatif Ma’had Aly Mudi Mesra dan Ma’had Aly Darul Munawwarah Kuta Krueng.

Sidang terbuka disertasi Teungku Sirajuddin dipimpin oleh Prof. Dr. Warul Walidin, MA yang juga rektor UIN Ar-Raniry.

Sementara itu para penguji yaitu Prof. Darwis Sulaiman, Prof. M. Hasbi Amiruddin, MA dan Prof. Syamsul Rijal, M.Ag.

Keduanya juga sebagai pembimbing disertasi Teungku Sirajuddin.

Selain itu, para penguji lainnya yaitu Dr. Saifullah Idris, M.Ag, Dr. Syabuddin Gade, MA dan Dr. Gunawan Adnan, MA.

Dr. Mustafa AR, MA sebagai sekretaris sidang sesuai proses sidang mengumumkan bahwa Teungku Sirajuddin berhasil lulus dengan nilai A (-).

Teliti Ratéb Dôda Idi, Yusri Yusuf Raih Gelar Doktor Ke-123 Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry

Kisah Anak Penjaga Hutan Bisa Kuliah S3 ke Jepang, Sawitri Selesai Pendidikan Doktor September 2020

Soel dari Usi Dayah, Orang Aceh Pertama Raih Gelar Doktor Teater

Dalam bab kesimpulan dan saran sinopsis disertasinya, Teungku Sirajuddin mengusulkan salah satunya yaitu agar ke depan Ma’had Aly di Aceh semakin diberdayakan.

“Kepada pemerintah agar memperhatikan sarana dan prasarana seluruh Ma’had Aly di Aceh sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lebih maksimal dan mendapatkan hasil yang lebih baik dan bermutu tinggi, “ tulis Teungku Sirajuddin dalam sinopsisnya.

Sidang terbuka promosi doktor ini dihadiri oleh sejumlah tokoh antara lain yaitu M. Fadhil Rahmi anggota DPD RI asal Aceh.

Dr. Bustami Usman, mantan Kadis Dayah Aceh yang saat ini menjadi akademisi.

Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, aktivis ormas Islam Teungku Mustafa Husen Woyla dan lainnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved