Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Tak Perlu ke Disdukcapil, Kini Cetak KK dan Akta Kelahiran Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Caranya

Layanan yang sudah diterapkan terhitung 1 Juli 2020 ini berlaku untuk pencetakan dokumen kartu keluarga dan akta kelahiran.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/RAHMAD WIGUNA
Kadisdukcapil Aceh Tamiang, Sepriyanto menjelaskan pencetakan mandiri dokumen kependudukan berlaku untuk KK dan akta kelahiran. 

Layanan yang sudah diterapkan terhitung 1 Juli 2020 ini berlaku untuk pencetakan dokumen kartu keluarga dan akta kelahiran.

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tamiang mulai memberlakukan layanan cetak dokumen kependudukan secara mandiri.

Layanan yang sudah diterapkan terhitung 1 Juli 2020 ini berlaku untuk pencetakan dokumen kartu keluarga dan akta kelahiran.

Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tamiang, Sepriyanto menjelaskan layanan ini disediakan untuk memudahkan masyarakat. 

Pasalnya tidak harus datang lagi ke kantor Disdukcapil hanya sekadar untuk mencetak KK atau akta kelahiran.

Masyarakat hanya perlu menyediakan kertas HVS 80 gram ukuran A4.

Kisah Rohingya Mengarungi Lautan, Bisa Minum Hanya Saat Hujan Turun

Sejumlah KUA di Nagan Raya Segera Terbitkan Kartu Nikah

Empat Lagi Pasien Covid-19 di Aceh Sembuh, Satu Orang dari Aceh Utara

“Terlebih dahulu kami mengirimkan dokumen yang akan dicetak ke email yang sudah didaftarkan saat mengajukan permohonan melalui aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan (SIAK),” kata Sepriyanto, Minggu (5/7/2020).

Sepriyanto menjelaskan, pencetakan mandiri dokumen kependudukan ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

Sistem ini disebutnya membuat masyarakat tidak perlu khawatir kehilangan dokumen kependudukan dan bisa mencetak sendiri berulang-ulang sesuai keperluan.

Meski begitu, dia memastikan dokumen tersebut tidak mudah untuk dipalsukan karena menggunakan sistem Quick Response (QR) Code pada Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang tercantum dalam dokumen kependudukan masing-masing.

“Untuk pengecekan keaslian dokumen kependudukan, dapat dilakukan dengan melakukan scan QR-code pada TTE yang ada pada masing-masing dokumen kependudukan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Sepriyanto menjelaskan sejauh ini layanan cetak mandiri ini belum berlaku untuk KTP elektronik dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kedua dokumen kependudukan ini tetap menggunakan kartu yang dicetak oleh Disdukcapil Aceh Tamiang. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved