Breaking News:

25 Aplikasi Ini Dihapus Google dari Play Store, Bocorkan Data Username dan Password Facebook

Sebanyak 25 aplikasi berbahaya dari Google Play Store telah dihapus oleh Google lantaran membocorkan informasi kredensial pengguna Facebook

facebook 

SERAMBINEWS.COM -  Sebanyak 25 aplikasi berbahaya dari Google Play Store telah dihapus oleh Google lantaran membocorkan informasi kredensial pengguna Facebook

Informasi kredensial yang dimaksud, merupakan username dan password pengguna.

Aplikasi ini menggunakan metode pishing untuk mengelabui korban. 

Firma keamanan siber asal Perancis, Evina, mengatakan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut mengandung kode berbahaya yang dapat mendeteksi aplikasi apa saja yang sedang dibuka oleh pengguna.

"Jika aplikasi yang baru dibuka adalah Facebook, aplikasi berbahaya itu akan menampilan jendela di depan aplikasi resmi Facebook dan membuat halaman login palsu," ungkap perwakilan Evina.

Jika pengguna tertipu dan memasukkan username serta password yang dimiliki, maka kedua data login tersebut akan disimpan ke dalam sebuah server dengan domain airshop.pw.

Adapun jika dikalkulasikan, semua aplikasi tersebut telah diunduh sebanyak 2,34 juta kali oleh pengguna Android secara global.

Evina mengatakan, pihaknya telah melaporkan hasil temuan 25 aplikasi jahat ini kepada Google pada akhir Mei lalu.

Pihak Google pun kemudian menghapus aplikasi-aplikasi jahat tersebut pada awal Juni, setelah memverifikasi hasil temuan dari Evina tersebut.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Senin (6/7/2020) selain menghapus, Google juga menonaktifkan secara otomatis aplikasi berbahaya itu dari perangkat pengguna yang sudah terlanjur menginstal.

Halaman
1234
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved