Breaking News:

Aksi Vandalisme

Patung Melania Trump di Slovenia Dibakar, Tepat saat Perayaan Hari Jadi AS

Seperti kita ketahui, sang ibu negara juga seorang imigran asal Slovenia sebelum akhirnya dipersunting Presiden Donald Trump...

Editor: Eddy Fitriadi
AFP
Patung kayu Melania Trump di Slovenia. 

SERAMBINEWS.COM - Patung kayu ibu negara AS Melania Trump yang terletak di Swedia dibakar oknum tak dikenal, bertepatan dengan perayaan hari jadi AS tanggal 4 Juli lalu.

Patung itu sendiri merupakan karya Ales Zupevc, seniman setempat yang mengukirnya langsung dari batang pohon linden yang masih hidup.

Brad Downey, seorang seniman AS yang tinggal di Berlin mengatakan bahwa patung itu langsung dihilangkan dari lokasi pada 5 Juli.

"Saya ingin tahu kenapa mereka melakukan ini (pembakaran)," kata Downey kepada Reuters.

Downey yang juga seorang seniman berharap patung itu bisa mendorong dialog terkait pandangan AS tentang anti-imigran.

Seperti kita ketahui, sang ibu negara juga seorang imigran asal Slovenia sebelum akhirnya dipersunting Presiden Donald Trump pada Januari 2005 silam.

Pihak Melania di Washington sendiri belum memberikan respons apapun terkait kasus pembakaran simbol dirinya ini.

Kasus vandalisme semacam ini memang sedang dalam perhatian khusus Trump dalam beberapa minggu terakhir menyusul gelombang untuk rasa anti-rasisme yang terus muncul.

Sang presiden berjanji untuk mengambil tindakan tegas kepada siapa pun yang menghancurkan monumen bersejarah AS. Namun, patung istrinya tersebut sepertinya tidak masuk dalam pantauan.

"Investigasi untuk kasus ini masih belum selesai sehingga kami belum bisa mengungkap detail peristiwa ini," ungkap juru bicara kepolisian setempat, Alenka Drenik kepada Reuters.

Pada Januari lalu kejadian serupa juga terjadi. Korbannya adalah sebuah patung kayu menyerupai Donald Trump yang terletak di kota Moravce, Slovenia.(*)

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul ‘Apes, patung Melania Trump di Slovenia dibakar orang tak dikenal’

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved