Breaking News:

Berita Bener Meriah

Kepala DPMG, Azhari : Manfaat Dana Desa di Aceh, Desa yang Sangat Tertinggal Semakin Berkurang

Provinsi Aceh masuk dalam lima besar alokasi dana desa secara Nasional. Dana desa di Aceh pada tahun 2015 hanya Rp 1,7 Triliun, dan pada tahun 2020...

Kepala DPMG, Azhari : Manfaat Dana Desa di Aceh, Desa yang Sangat Tertinggal Semakin Berkurang
Dok.SERAMBINEWS.COM
Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Azhari Hasan SE MSi.

 

 

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Provinsi Aceh masuk dalam lima besar alokasi dana desa secara Nasional. Dana desa di Aceh pada tahun 2015 hanya Rp 1,7 Triliun, dan pada tahun 2020 dana desa untuk Aceh Rp 5,05 Triliun.

Karena ada pandemi Covid-19 semua pihak melakukan rasionalisasi anggaran sehingga satu desa ada pemotongan senilai Rp 10 juta, sehingga Aceh tahun 2020 ini dana desanya tinggal Rp 4,9 Triliun.

Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Azhari Hasan SE MSi pada acara peluncuran Kampung Tangguh Covid-19 dan Program Ketahanan Pangan di Kampung Umah Besi, Kecamatan Gajah Putih, Kabupaten Bener Meriah, Kamis (9/7/2020) menyampaikan, berdasarkan Indek Desa Membangun (IDM) Provinsi Aceh sejak tahun 2017 efektivitas dana desa itu mulai diukur secara kongkrit.

Disebutkanya, Aceh selama ini dari 6.497 desa itu sebagian besar desa sangat tertinggal, dengan adanya dana desa yang sudah bergulir desa yang sangat tertinggal di Aceh lebih kurang tinggal 561 desa pada tahun 2017. Kemudian sesuai dengan Indek Desa Membangun (IDM) maka di tahun 2018 tinggal sebanyak 300 desa lebih lagi.

“Insya Allah akhir bulan ini akan diumumkan IDM tahun 2019. Laporan yang kami terima Aceh mengalami peningkatan yang positif dimana desa yang sangat tertinggal sudah semakin berkurang, mungkin bisa berkurang hampir 50 persen,” ujar Azhari.

Traveler Bireuen Masih Ada 104 Orang, Pasien yang Berobat Diingatkan jangan Berbohong

Hasil Swab Satu ABK Teluk Sinabang Negatif Corona, Pasien Segera Dikembalikan ke Kapal  

Ciut Berperang Melawan Amerika Serikat, Cina Memilih Berdamai dan Tawarkan ‘Bocoran’ Soal Covid-19

Kemudian lanjutnya, desa tertinggal juga hampir 50 persen berkurang, dan desa berkembang meningkat, desa yang maju juga meningkat, serta yang paling tinggi statusnya berdasarkan IDM adalah desa mandiri.

Halaman
12
Penulis: Budi Fatria
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved