Breaking News:

Berita Sabang

Jaksa Tahan Mantan Keuchik di Sabang, Terkait Kasus Korupsi Dana Desa

AY ditahan karena terlibat dalam tindak pidana korupsi dana desa tahun anggaran 2016 lalu.

Dok Kejari Sabang
Kejari Sabang menahan mantan keuchik Gampong Ujong Kareung, Kecamatan Suka Jaya, Sabang, AY, pada Senin (20/7/2020). 

Laporan Muhammad Nasir | Sabang

SERAMBINEWS.COM, SABANG – Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang menahan mantan keuchik Gampong Ujong Kareung, Kecamatan Suka Jaya, Sabang, AY, pada Senin (20/7/2020).

Penahanan mantan keuchik tersebut terkait dengan kasus korupsi dalam pengunaan dana desa/ADG di desa tersebut.

Penyerahan tersangka tahap II tersebut dilakukan oleh Penyidik Polres Sabang dan diterima oleh Kasi Tindak Pidana Khusus Kejari Sabang, Muhammad Rhazi, SH dan tim Penuntut Umum Kejari Sabang. Bersama tersangka, polisi juga ikut menyerahkan juga sejumlah barang bukti.

Tersangka yang sudah berusia lanjut tersebut, saat diantar oleh pihak jaksa ke Rutan Sabang mengenakan batik yang dibalut rompi orange.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sabang, Choirun Parapat SH,MH kepada awak media kemarin menyampaikan, mantan keuchik Ujong Kareung, AY ditahan karena terlibat dalam tindak pidana korupsi alokasi dana desa (ADD)/alokasi dana gampong (ADG) tersebut pada tahun 2016 lalu, saat yang bersangkutan masih menjabat sebagai keuchik.

Dikatakan Choirun, tersangka melakukan korupsi dana desa sebesar Rp 206 juta. Korupsi oleh perangkat desa itu awalnya diketahui setelah ada hasil perhitungan oleh Inspektorat Kota Sabang. Saat itu terdapat sejumlah uang yang tanpada pertanggung jawaban.

Oleh tersangka AY, uang hasil tindak pidana korupsi  tersebut digunakan sendiri untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sesuai dengan hasil perhitungan inspektorat kota sabang tanpa ada pertanggung jawaban dan dana tersebut diperuntukkan oleh tersangka untuk kebutuhan sehari-hari dan tidak sesuai dengan RKAL Gampong,” ujar Choirun.

Choirun Parapat SH,MH mengatakan, setelah dilakukan serah terima tersangka dam barng bukti dari pihak polres sabang ke kejari sabang, tersangka AY yang merupakan mantan keuchik dititipakn untuk ditahan di rutan kelas II B Sabang.

Saat ini tersangka masih harus menunggu pelimpahan berkasnya dari Kejari Sabang ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh. Untuk selanjutnya menjadi proses persidangan di Banda Aceh. Hingga saat ini belum ada tersangka baru dalam kasus korupsi dana desa tersebut.(*)

Pria Tua di Uganda ‘Koleksi’ 10 Wanita sebagai Kekasih, Padahal Sudah Punya 13 Istri dan 170 Anak

Luhut Binsar Pandjaitan: Rapid Test Buatan Lokal Cukup Bayar Rp 75.000

Pesta Pernikahan Berubah jadi Tragedi Berdarah, 18 Tamu Tewas Ditembaki Pria Misterius

Warga Abdya Reaktif Covid-19 Meninggal Dalam Perjalanan ke RSUDZA, Istri dan Anak Juga Reaktif

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved