Breaking News:

Kabar Gembira Bagi PNS, Menteri Keuangan Sri Mulyani Pastikan Gaji Ke-13 Cair pada Agustus 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara ( ASN) akan dibayarkan pada Agustus 2020

(KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIA)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 

SERAMBINEWS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara ( ASN) akan dibayarkan pada Agustus 2020.

"Pembayaran gaji ke-13 akan direncanakan pada bulan Agustus 2020," kata Sri Mulyani melalui konferensi pers virtual, Selasa (21/7/2020).

Namun, sebelum pembayaran gaji ke-13 disalurkan kepada pegawai negeri sipil ( PNS), Polri, TNI, dan pensiunan, pemerintah harus mengubah terlebih dahulu beberapa regulasi, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 dan PP No 38 Tahun 2019.

Ini 18 Lembaga yang Resmi Dibubarkan Presiden Jokowi

"Dan untuk pelaksanaan ini kita akan segera mengeluarkan revisi dari regulasi-regulasi yang ada.

Pemberian gaji ke-13 didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas PP Nomor 19 Tahun 2006 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, prajurit TNI, Polri, pensiun, dan tunjangan," paparnya.

Simak, Ini Bacaan Sholawat Nariyah Amalan Melancarkan Rezeki, Lengkap dengan Artinya

"Dan PP Nomor 38 Tahun 2019 perubahan atas PP 24 Tahun 2017 tentang Pemberian Penghasilan Ketiga Belas kepada Pimpinan dan Pegawai Non-PNS pada Lembaga Non-Struktural.

Oleh karena itu, pelaksanaan gaji ke-13 pada 2020 akan dilakukan dengan melakukan pengubahan pada kedua PP tersebut," lanjut Bendahara Negara ini.

Ini Lima Pemain yang Merumput di Eropa Dipanggil Shin Tae-yong Bergabung dengan Skuad Timnas

Sebab, dalam regulasi tersebut, lanjutnya, pejabat eselon I, eselon II, dan level yang setara masih mendapatkan gaji ke-13.

Sementara itu, gaji ke-13 selama masa pandemi virus corona (Covid-19) ini hanya diperuntukkan kepada level di bawahnya.

"Diakibatkan karena tadi yang menerima gaji ke-13 adalah mereka yang di bawah level pejabat negara eselon I, eselon II, dan pejabat yang setingkatnya," ujarnya.

Kejam! Tentara Israel Hancurkan Pos Pemeriksaan Covid-19 di Palestina, Satu Korban Terluka

Untuk pelaksanaan pembayaran gaji ke-13, dirinya akan berkoordinasi dengan Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengenai revisi kedua regulasi tersebut.

"Di dalam perubahan PP yang diharapkan bisa selesai dalam satu atau dua minggu sehingga Agustus kita sudah bisa melaksanakan pembayaran gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, dan pensiunan," katanya.

Disebut-sebut Djoko Tjandra Sembunyi di Balik Ketiak Eks PM Malaysia, Siapa Berani Pulangkan?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Pastikan Gaji Ke-13 PNS Cair pada Agustus 2020", 

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved