Breaking News:

Update Corona di Aceh Tamiang

16 Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Pihak RSUD Aceh Tamiang Lakukan Swab Massal

“Hari ini merupakan tes tahap kedua, sebelumnya dilakukan terhadap 30 orang, 16 di antaranya dinyatakan positif,” kata sumber tersebut.

SERAMBINEWS.COM/ RAHMAD WIGUNA
Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Ari Lasta berbincang dengan Direktur RSUD Aceh Tamiang, Dedy Syah dan Kepala BPBD Aceh Tamiang, Syahri saat meninjau persiapan sterilisasi Ruang IGD, Kamis (30/7/2020). Dal dua hari terakhir kasus Covid-19 di daerah ini meningkat tajam. 

“Hari ini merupakan tes tahap kedua, sebelumnya dilakukan terhadap 30 orang, 16 di antaranya dinyatakan positif,” kata sumber tersebut seraya memastikan bakal ada pemeriksaan swab tahap tiga.

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Puluhan tenaga medis RSUD Aceh Tamiang menjalani tes swab, setelah 16 tenaga medis lainnya dinyatakan positf Covid-19, Kamis (30/7/2020).

Pemeriksaan swab massal ini, dilakukan terhadap 90 lebih tenaga medis yang dilaporkan memiliki riwayat kontak fisik dengan 16 orang yang sudah dinyatakan positif virus Corona.

Sumber di RSUD Aceh Tamiang mengatakan, pemeriksaan swab ini akan terus dilakukan terhadap seluruh tenaga medis, untuk memutus mata rantai penyebaran.

“Hari ini merupakan tes tahap kedua, sebelumnya dilakukan terhadap 30 orang, 16 di antaranya dinyatakan positif,” kata sumber tersebut seraya memastikan bakal ada pemeriksaan swab tahap tiga.

Peningkatan angka positif Covid-19 ini, menarik perhatian Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan yang memutuskan meninjau langsung penanganan di RSUD Aceh Tamiang.

Ari mengatakan, peningkatan yang sangat tajam ini harus disikapi dengan bijak dan cepat, agar virus asal Cina ini tidak semakin meluas.

Keluarga ‘Geruduk’ Puskesmas

“Terjadi peningkatan yang sangat tajam, karena dalam dua hari bertambah 16 orang positif. Saya lihat Pemkab Aceh Tamiang sudah cukup sigap karena langsung mensterilkan IGD,” kata Ari di RSUD Aceh Tamiang.

Ari juga mengapresiasi kebijakan manajemen RSUD Aceh Tamiang yang “merumahkan” seluruh perawat dan menggantinya dengan perawat Puskesmas.

“Tadi saya diberitahu kalau perawat di rumah sakit dirumahkan dulu, selanjutnya perawat-perawat dari Puskesmas dipindahkan sementara ke sini,” tukasnya. (*)

Belasan Tenaga Medis RSUD Aceh Tamiang Terpapar Covid-19, Pelayanan Dialihkan ke Tenda Darurat

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved