Breaking News:

Idul Adha 1441 H

Memasak Lemang, Tradisi Sambut Lebaran Idul Adha di Aceh Tenggara

Lemang tersebut dimasak dalam bambu memakai beras ketan (pulut), santan dan bumbu lainnya agar terasa enak.

Foto kiriman warga
Masyarakat di Aceh Tenggara dalam memeriahkan Lebaran Idul Adha 1441 Hijriah, memasak lemang khas tradisional di Tanoh Alas. Terlihat warga Desa Lawe Loning Hakhapen sedang memasak lemang. 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Tenggara 

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Masyarakat di Aceh Tenggara dalam memeriahkan Lebaran Idul Adha 1441 Hijriah, memasak lemang khas tradisional di Tanoh Alas.

Bahkan, Rabu (29/7/2020) masyarakat Aceh Tenggara atau  Ikatan Keluarga Aceh Tenggara (IKAGARA) di Banda Aceh juga memeriahkan lebaran Idul Adha memasak lemang di Perumahan DPR Aceh di Banda Aceh bersama Anggota DPRA Dapil 8 (Agara-Gayo Lues).

Anggota DPRA, H Ali Basrah Spd MM, kepada Serambinews.com,  Kamis (30/7/2020) mengatakan, kegiatan hari ini adalah silaturahmi sesama kita masyarakat Aceh Tenggara diperantauan, tidak hanya menyambut Idul Adha tetapi untuk dimasa-masa mendatang akan mempererat tali silaturahmi diantara kita.

Acara itu dihadiri oleh Mantan Anggota DPR RI, Muslim Ayub SH, Dr Samsul Rizal, Dr Nasrul Zaman, Dr Sukri, Edi Samrah Limbong SH, Anggota DPR Aceh Dapil 8, Yahdi Hasan, Junaidi, Nurdiansyah Alasta, Rizaluddin SH MH, Ketua IKAGARA, Drs Ferdi, Dr Indra Utama, para mahasiswa, tokoh Agama, dan masyarakat lainnya.

Sementara itu, di Aceh Tenggara,  Sekretaris Desa Lawe Loning Hakhapen, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Khairul Syahrozi, kepada Serambinews.com, Kamis (30/7/2020) mengatakan,  masakan lemang adalah makan khas Tanoh Alas dalam memeriahkan Lebaran Idul Adha.

Lemang tersebut dimasak dalam bambu memakai beras ketan (pulut), santan dan bumbu lainnya agar terasa enak.

Biasanya, lemang tersebut dimakan memakai durian dan ada juga dengan gula pasir. Masakan lemang ini sudah menjadi tradisional di Aceh Tenggara yang terus dilestarikan.(*)

Media Arab Saudi Soroti Kasus Covid-19 dan Bisnis Haji & Umrah di Indonesia yang Terancam Tutup

Sambut Idul Adha, Khafi Official Rilis Single Hari Mulia

Rahasia, Doa Mustajab di Hari Arafah Bulan Dzulhijjah, Lengkap dengan Terjemahan

VIDEO - Kisah Pilu Suami di Aceh, Rela Resign Kerja Demi Rawat 3 Anak & Istri yang Derita Kanker

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved